bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Saingi Stroberi Viral Ci Mehong, Stroberi Super Besar dan Manis ini Dibandrol Rp5,3 Juta per Buahnya

Syahroni - Ragam
Rabu, 2 Agustus 2023 22:05
    Bagikan  
Stroberi Bijin-Hime
Tangkapan layar Youtube

Stroberi Bijin-Hime - Stroberi Bijin-Hime di jepang dijual seharga Rp5,3 juta per buahnya.

HELOINDONESIA.COM - Jika di Indonesia ada Ci Mehong, di Jepang ada Mikio Okuda. Yah, pria yang sudah berpengalaman menanam stroberi selama 45 tahun ini juga menjual buah stroberi dengan harga sangat tinggi. Bahkan kualitasnya jauh di atas stroberi yang dijual oleh Ci Mehong.

Stroberi hasil produksi Okuda diberi nama bijin-Hime, alias 'Beautiful Princess'. Ini merupakan varietas stroberi Jepang yang dibentuk dan diwarnai dengan sempurna. Stroberi ini juga menawarkan rasa yang tak tertandingi.

Yang bikin gempar, 1 buah stroberi bijin-Hime bisa dijual seharga $350 atau sekitar Rp5,3 juta lebih. Tak salah jika stroberi ini disebut sebagai salah satu buah termahal di dunia.

Mikio Okuda sendiri sudah cukup lama berupaya mengembangkan variietas Bijin-Hime. Lebih dari 15 tahun trial and error baru bisa menjadi buah stroberi yang sempurna.

Baca juga: Petani di Cina Berhasil Ciptakan Buah Hibrida Unik: Setengah Melon Setengah Semangka

Bijin-Hime adalah salah satu varietas stroberi yang paling dihormati di dunia. Buah terbesar seukuran bola tenis dan beratnya sekitar 100 gram. Tapi bukan ukurannya yang membuat Bijin-Hime istimewa. Sebenarnya, memang begitu, tapi tidak seperti yang Anda harapkan.

Umumnya, semakin besar stroberi, semakin sedikit rasa dan kemanisannya, tetapi tidak demikian halnya dengan stroberi Bijin-Hime. Mereka diberi peringkat 13 derajat Brix, yang membuatnya jauh lebih manis daripada standar stroberi Brix 10 derajat, dan memiliki rasa yang mengingatkan pada mawar.

Tekstur stroberi Bijin-Hime dikatakan memiliki keseimbangan sempurna antara lembut dan keras, dan warna merah cerah dari kulitnya yang berkilau dikatakan meresap sampai ke intinya. Ini juga tidak memiliki keasaman dan rasa yang funky yang biasanya didapat dari varietas supermarket.

Seperti banyak petani stroberi Jepang lainnya, Mikio Okuda menanam varietas Bijin-Hime selama bulan-bulan musim dingin. Dengan hati-hati ia memantau suhu tanah dan udara di dalam rumah kacanya di Perkebunan Okuda, di Hashima, Prefektur Gifu.

Pematangan yang lambat mungkin menjadi salah satu rahasia di balik rasa manis dan intens stroberi, tetapi Okuda cenderung memberikan banyak informasi. Dan untuk alasan yang bagus.

Baca juga: Petani Jepang Kembangkan Buah Melon Hybrid dengan Rasa Manis Melon Dicampur Kecutnya Lemon

Setelah menghabiskan 15 tahun membiakkan stroberi untuk menghasilkan Bijin-Hime, Mikio Okuda akhirnya mencapai apa yang ingin dia lakukan – membuat stroberi besar berbentuk sempurna yang juga memberikan rasa yang luar biasa.

Prosesnya masih belum sempurna, karena beberapa buahnya cenderung bulat, seperti bola berdaging. Itu tidak cocok untuk komersialisasi, dan CNN melaporkan bahwa Okuda hanya menghasilkan sekitar 500 stroberi yang layak pasar per tahun.

Di negara di mana buah-buahan berkualitas benar-benar bernilai emas (jika tidak lebih), stroberi Putri Cantik Mikio Okuda sangat dicari. Pada salah satu pelelangan, satu stroberi Bijin-Hime berukuran besar dijual seharga 50.000 yen ($350).

Beberapa sumber mengklaim bahwa yang termahal dijual seharga $500, tetapi kami belum menemukan buktinya. Tetap saja, $350 untuk satu stroberi terdengar konyol.

Menariknya, tanaman stroberi Bijin-Hime semuanya adalah klon dari tanaman asli yang dikembangkan oleh Mikio Okuda, jadi petani tidak bisa begitu saja menumbuhkan Bijin-Hime mereka sendiri dari biji stroberi.