bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Jodohnya Bumbu Rujak, Berikut Manfaat Kesehatan Bengkoang yang Perlu Anda Ketahui

Syahroni - Ragam
Senin, 31 Juli 2023 23:02
    Bagikan  
Bengkoang
ist

Bengkoang - Manfaat bengkoang untuk kesehatan tubuh.

HELOINDONESIA.COM - Apa yang pertama terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata bengkoang? Rujak bukan? Yah, bengkoang atau bengkuang memang akrab dengan rujak-rujakan. Umbi dengan kandungan air yang tinggi dan rasa manis ini memang kerap dijodohkan dengan buah-buahan dan sayuran dalam semangkuk rujak.

Bengkuang sendiri sudah cukup populer di Indonesia. Selain untuk dikonsumsi sebagai rujak atau dimakan langsung, ekstrak bengkoang juga banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan.

Yah, bengkoang dikenal luas sebagai pencerah dan penyegar kulit. Produk bengkoang yang kerap ditemui adalah masker, lulur, toner, hingga sabun. Manfaat bengkoang untuk kecantikan bahkan sudah terkenal hingga turun temurun.

Selain untuk kecantikan, bengkoang juga ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat bengkoang didapat berkat kandungan nutrisinya. Bengkoang mengandung vitamin B1, B2, B5, B6, C yang cukup banyak, serta seng, tembaga, kalsium, dan fosfor.

Baca juga: Tidak Sekedar Menetralisir Racun, Berikut 10 Manfaat Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Berikut manfaat kesehatan bengkoang yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Sebagai prebiotik alami

Probiotik adalah bakteri dan ragi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Hidup di usus setiap orang adalah komunitas besar bakteri. Mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung probiotik dapat membantu mengembalikan keseimbangan alami komunitas ini.

Prebiotik juga merupakan jenis serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Prebiotik mendukung pertumbuhan probiotik dengan memberi mereka makanan. Bengkoang kaya akan inulin, sejenis serat prebiotik.

2. Sumber antioksidan

Bengkoang adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C adalah antioksidan, yang berarti dapat melawan efek stres oksidatif dalam tubuh.

Menurut National Center for Complementary and Integrative HealthTrusted Source, stres oksidatif dapat berperan dalam penuaan dan beberapa penyakit, termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, dan diabetes.

3. Pengaturan gula darah

Bangkoang memiliki indeks glikemik rendah dan tinggi serat. Ini berarti makan bengkuang sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah, yang menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes.

Baca juga: Tak Kalah dengan Daun dan Batangnya, Berikut Manfaat Akar Seledri untuk Kesehatan Anda

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat di dalam bengkoang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan serat yang tercukupi dapat menghambat penyerapan dan mengurangi jumlah kolesterol, sehingga baik untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Manfaat bengkoang terhadap penurunan kolesterol ini dapat mencegah terjadinya pembentukan plak atau penyumbatan pada pembuluh darah jantung (aterosklerosis).

5. Mencegah dehidrasi

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bengkoang kaya akan kandungan air. Sekitar 85% bengkoang terdiri dari air. Oleh karena itu, konsumsi bengkoang tak hanya dapat membuat Anda merasa kenyang, tapi juga mencegah Anda dari dehidrasi.

Baca juga: Menetralkan Racun Hingga Cegah Kanker, Berikut Manfaat Daun Pandan Sebagai Obat-obatan Herbal

6. Menurunkan risiko kanker

Menurut penelitian, paparan radikal bebas dalam jumlah besar akan meningkatkan risiko Anda mengalami kondisi kesehatan serius, seperti diabetes dan kanker.

Bengkoang mengandung antioksidan, seperti vitamin C, yang berperan menangkal paparan radikal bebas. Selain menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C pada bengkoang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat Anda tidak mudah sakit.

7. Meningkatkan fungsi otak

Meski dalam jumlah kecil, kandungan vitamin B6 dalam bengkoang ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Vitamin ini mampu membantu otak dan saraf untuk bekerja lebih baik. Vitamin B6 juga membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengubah protein menjadi energi.

Selain itu, kandungan serat dan karbohidrat kompleks dari bengkoang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah pada otak.