Helo Indonesia

Tidak Bisa Tidur Nyenyak? 4 Tanaman Herbal Ini Ampuh Mengatasi Gejala Insomnia Loh

Syahroni - Ragam
Minggu, 30 Juli 2023 23:35
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay/ xiangying_xu

Ilustrasi - Tanaman herbal untuk mengatasi masalah sulit tidur,

HELOINDONESIA.COM - Tidur merupakan cara alami tubuh menyembuhkan diri sendiri. Mendapatkan tidur yang berkualitas tentunya berefek pada kebugaran tubuh Anda di keesokan harinya.

Namun sayangnya, tidak semua orang dapat tidur dengan pulas di malam hari. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini. Namun demikian, ada berbagai upaya yang bisa dilakukan agar Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas.

Selain penggunaan obat-obatan kimia, alam ternyata sudah menyediakan berbagai macam obat untuk mengatasi masalah gangguan tidur ini. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa bahan alami yang bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca juga: Rendam Kaki dengan Air Garam Sebelum Tidur dan Rasakan Manfaat Kesehatan Berikut Ini

1. Chamomile

Teh chamomil sudah cukup lama dipercaya dapat membantu anda tidur pulas di malam hari. Tak salah jika banyak yang menyebut kalau teh chamomile adalah teh pengantar tidur.

Penelitian telah menemukan bahwa flavonoid yang terkandung dalam chamomile dapat membantu meningkatkan relaksasi dan rasa kantuk. Ketika flavonoid mengikat reseptor benzodiazepin di otak Anda, ramuan ini secara alami meningkatkan rasa kantuk dan membuat seluruh tubuh Anda rileks.

Studi lain menemukan bahwa menghirup uap minyak chamomile juga dapat mengurangi peningkatan kadar plasma ACTH yang diinduksi stres (hormon adrenokortikotropik), yang dibuat di hipofisis.

Hipofisis juga mengontrol kortisol (hormon stres utama tubuh), yang dibuat di kelenjar adrenal di atas ginjal. Untungnya, studi tersebut menemukan bahwa chamomile dapat mengurangi kadar ACTH, sehingga mengurangi jumlah stres yang dirasakan peserta dan membuat tubuh rileks.

Baca juga: Rutin Push Up Sebelum Tidur, Istirahat Optimal, Kesehatan Tubuh Lebih Maksimal

2. Lavender

Bunga lavender tak hanya dikenal karena baunya yang harum dan menenangkan, tapi juga kemampuannya yang bisa memuat tubuh rileks dan membantu Anda tertidur.

Lavender paling sering digunakan sebagai minyak esensial, yang dapat digunakan sebegai aroma terapi di kamar. Ada yang memasukan minyak esensial itu ke penyemprot, ada juga yang langsung mengoleskannya di kulit untuk membantu mereka tertidur pulas.

Dalam studi terbatas, lavender telah terbukti meningkatkan tidur peserta yang lambat dan gelombang dalam serta meningkatkan ketenangan pada hari berikutnya.

Lavender dapat membantu orang lebih rileks dan tidur lebih pulas karena senyawa yang terkandung di dalam bunga tersebut berinteraksi dengan neurotransmitter GABA, yang dapat membantu menenangkan otak dan sistem saraf serta mengurangi perasaan stres dan gelisah.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Kurang Tidur Bisa Memicu 6 Penyakit Kronis

3. Peppermint

Jika Anda mencari ramuan untuk membantu Anda tidur dan minuman baru di malam hari, cobalah mengonsumsi peppermint. Menambahkan pepperminta yang bebas kafein ini ke dalam teh yang diminum sebelum tidur, dapat membantu relaksasi seluruh tubuh.

Peppermint telah terlihat bekerja sebagai pelemas otot serta obat penenang, meskipun penelitian masih terbatas. Komponen utama minyak peppermint adalah mentol dan menthone, yang telah ditemukan dalam penelitian pada hewan memiliki efek relaksasi pada berbagai sistem. termasuk sistem saraf tepi.

Dalam penelitian yang lebih kecil, peppermint juga telah ditemukan untuk membantu memperpanjang waktu tidur nyenyak yang didapat peserta tertentu saat menggunakannya dalam bentuk minyak.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Menggunakan Kipas Angin di Saat Tidur Berefek Buruk Bagi Kesehatan

4. Valerian

Berasal dari Asia dan Eropa, tanaman valerian memberikan banyak manfaat bagi mereka yang mengonsumsinya. Mengonsumsi valerian diketahui dapat mendorong istirahat yang lebih baik hingga meredakan kram perut.

Studi juga menemukan bahwa valerian dapat memberikan dukungan kepada mereka yang mengalami insomnia dan gangguan tidur lainnya. Saat digunakan untuk membantu tidur, akar ramuan ini dikeringkan dan kemudian dikonsumsi dengan cara dibuat teh atau kapsul.

Studi masih dilakukan tentang bagaimana tepatnya valerian bekerja, tetapi beberapa penelitian telah menemukan bahwa bahan kimia tertentu dalam ramuan valerian dapat berinteraksi dengan sistem saraf dan reseptor GABA-nya, yang memfasilitasi pengaturan tidur.

Valerian juga dapat berinteraksi dengan reseptor serotonin dan adenosin tubuh, yang mengatur dua bahan kimia yang memengaruhi suasana hati dan tidur. Meskipun penelitian terbatas, Anda mungkin menemukan bahwa ramuan ini membantu Anda tidur lebih nyenyak lagi.