bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Nanda Dendi Peragakan Langsung Sulam Jelujur di Catwalk Bali Fashion

Nabila Putri - Ragam
Minggu, 30 Juli 2023 09:35
    Bagikan  
Foto Ist.

Foto Ist. -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Ketua TP PKK yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi berjalan di catwalk bak model profesional mengenakan busana Sulam Jelujur dengan tema Asenath di hadapan para desainer dan model ternama di Seminyak Bali.

Hal itu dilakukan bersama desainer sulam jelujur Ariesmansyah untuk mempromosikan sulam jelujur kerajinan asli asal Desa Sungailangka, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran di Bali Fashion Parade 2023, TS Suites Seminyak Bali, Sabtu (29/7/2023).

Nanda mengatakan, dengan mengikuti fashion show seperti ini merupakan salah satu upaya Pemkab Pesawaran melalui Dekranasda setempat untuk mempromosikan hasil karya warga Bumi Wisata Sejuta Pesona kepada dunia.

"Terlebih sulam jelujur merupakan produk paten dari kita yang memang sudah mendunia melalui pameran pameran maupun sarana promosi lainnya," kata Nanda, Sabtu (29/7/2023).

Baca juga: Dr Puji Raharjo Terpilih Aklamasi sebagai Ketua Tanfidziyah Lampung

Menurut Nanda, melalui penyelenggaraan Bali Fashion Parade 2023 dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian. "Selain dari sisi pariwisatanya, juga dari sisi perekonomian para pengrajin di Bumi Andan Jejama," ujarnya.

Ditambahkan, Bali Fashion Parade 2023 adalah salah satu pergelaran busana (fashion show) besar yang melibatkan puluhan model profesional, dan fashion designer dengan brand ternama dari berbagai kota di Indonesia. Sehingga besar harapan Sulam Jelujur akan menjadi salah satu pintu masuk dalam mengenalkan kabupaten Pesawaran untuk menjadi salah satu destinasi wisata para wisatawan.

"BFP 2023 tahun ini bertemakan "Trend Fashion” dengan maksud, berbagai karya terbaik dan terkini dari designer, seperti etnik, cocktail, dress dan lainnya," kata dia.

Sementara, Desainer Sulam Jelujur Ariesmansyah mengungkapkan, Sulam Jelujur yang dikenakan Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran mengusung tema "Asenath" diambil dari bahasa Yunani yang artinya Dewi Keagungan.

Baca juga: Kursi Ketua Umum Golkar Jadi Incaran, Airlangga Pasang Badan, Luhut Bermanuver

"Yang mana dalam kesempatan ini Sulam Jelujur Pesawaran menampilkan sebuah karya di event Bali Fashion Parade 2023, sebuah maha karya Asenath yang mengandung arti Dewi keagungan yang mencerminkan seorang perempuan yang gigih, pemberani, dan tidak pantang menyerah," kata Ariesmansyah.

Kemudian, lanjutnya, adalah tema Asenath adalah sebuah gambaran para pengrajin Sulam Jelujur Pesawaran yang ada di Desa Sungailangka.

"Proses pengerjaan busana Asenath dikerjakan oleh 25 pengrajin ibu-ibu dan anak perempuannya yang berada di Desa Sungailangka Kecamatan Gedongtataan," timpalnya.

Founder YMM Event Organizer (EO) yang menaungi acara tersebut Yongki Perdana mengatakan BFP 2023 adalah event kedua. BFP pertama sukses dilaksanakan tahun 2022 saat pandemi. "Tahun ini kita mengajak 23 fashion designer ternama nasional dan internasional," kata Yongki.

Ia mengatakan, BFP 2023 akan memotivasi dan memberikan wadah kepada para desainer dan model untuk bisa mengekspresikan karya terbaiknya.

"Harapan ke depannya, Indonesia dan Bali tidak hanya dikenal sebagai pariwisatanya saja, namun juga sebagai icon fashion yang bisa bersaing di kancah internasional," pungkasnya. (Rama)