bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tak Hanya untuk Organ Kewanitaan, Berikut 10 Manfaat Daun Sirih yang Baik untuk Kesehatan

Syahroni - Ragam
Rabu, 26 Juli 2023 15:04
    Bagikan  
Daun sirih
Tangkapan layar Youtube

Daun sirih - 10 manfaat kesehatan daun sirih.

HELOINDONESIA.COM - Sejak zaman dahulu daun sirih sudah digunakan sebagai obat herbal. Tak hanya karena wanginya yang harum, tanaman yang banyak tumbuh di tanah air ini juga ternyata kaya akan senyawa yang baik untuk kesehatan.

Baik itu sirih merah maupun sirih hijau, tanaman herbal ini mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotin, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat dan minyak atsiri. Berikut adalah 10 manfaat dari daun sirih untuk kesehatan:

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Daun sirih mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh, dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin pada tubuh.

Daun sirih juga bisa di jadikan obat herbal sembelit dan rebusan daunnya dapat melancarkan buang air besar.

Baca juga: Daunnya Berkhasiat Sembuhkan Luka, Selain Bumbu Masakan, ini Manfaat Serai untuk Obat Alami

2. Menyembuhkan Luka

Daun sirih merah mempunyai kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini berperan penting dalam mengobati luka. Selain itu, sirih merah juga memiliki tanin yang berfungsi untuk membentuk kolagen sehingga luka lebih cepet tertutup.

3. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Sifat antimikroba yang terkandung dalam daun sirih membantu mengatasi bakteri yang tertinggal di dalam mulut. Oleh sebab itu orang tua zaman dulu menggunakan sirih untuk memamah.

5. Mencegah Infeksi Karena Bakteri

Kandungan Fenol dan Flavonoid di dalam daun sirih ini mampu mencegah resiko infeksi bahkan dapat menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus.

6. Mencegah Kadar Gula dalam Darah

Diabetes melitus adalah penyakit gangguan metabolisme kronis yang di tandai dengan tingginya kadar gula darah. Apabila tidak segera diatasi penyakit ini bisa membahayakan bagi penderitanya.

Baca juga: Tak Sekedar Lalapan Kaya Nutrisi, Berikut Beragam Manfaat Kesehatan Daun Kemangi

Mengkonsumsi air rebusan daun sirih dapat mencegah diabetes, minyak daun sirih juga bisa di gunakan oleh penderita diabetes.

7. Mencegah Penyakit Kanker

Daun sirih memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang mengandung berbagai khasiat seperti antibakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan antiproliferatif. Daun sirih juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi yang dapat melawan kanker mulut dan usus besar.

Selain itu, daun sirih juga bisa melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas, kedua faktor ini sangat penting dan mencegah kanker.

8. Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Manfaat daun sirih bagi wanita salah satunya adalah menjaga kesehatan organ kewanitaan. air rebusan daun sirih efektif mengatasi masalah keputihan. Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal di kemaluan yang umumnya dipicu oleh Bacterial vaginosis.

Akan tetapi, penggunaannya tidak disarankan dalam jangka panjang karena berpotensi memicu perubahan pH pada area kewanitaan.

Baca juga: 10 Manfaat Kulit, Daun, dan Perasan Jeruk Nipis Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

9. Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat daun sirih bagi wanita berikutnya adalah membantu mengurangi nyeri haid. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan senyawa antioksidan yang bersifat antiradang.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, Anda dapat merebus daun sirih bersamaan dengan kunyit. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung kurkumin yang juga bersifat antiradang.

10. Mengobati Jerawat

Manfaat daun sirih untuk mengatasi jerawat diperoleh dari kandungan antioksidan chavicol yang terdapat di dalam daun sirih. Kandungan tersebut memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengobati jerawat dan gatal-gatal di wajah.

Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan daun sirih untuk wajah.

Itulah 10 manfaat dari daun sirih bagi kesehatan tubuh kita, dari zaman dahulu daun sirih dipercaya kaya akan manfaat kesehatan sehingga orang - orang dahulu memiliki kesehatan yang bagus.