Helo Indonesia

Kaya Kandungan Nutrisi, Berikut Beragam Manfaat Kesehatan Brotowali yang Wajib Anda Ketahui

Syahroni - Ragam
Selasa, 18 Juli 2023 22:05
    Bagikan  
Brotowali
ist

Brotowali - Manfaat kesehatan tanaman brotowali.

HELOINDONESIA.COM - Brotowali adalah tanaman yang tumbuh di daerah tropis seperti indonesia. Tanaman ini banyak ditemui tumbuh di sekitar pekarangan rumah maupun di pinggiran kebun. Brotowali di tanah air cukup dikenal karena rasanya yang pahit, dan juga kandungan kesehatan yang dikandungnya.

Tanaman ini berbentuk seperti akar kayu dan memiliki daun berbentuk seperti hati biasanya memiliki tinggi 15 meter. Semenjak dahulu di indonesia, tanaman ini di manfaatkan sebagai obat herbal. Khasiat brotowali ini terletak pada semua bagian tanaman, mulai dari akar, daun, batang. Berikut kandungan dalam brotowali:

  • Alkaloid
  • Berbering (antimikroba)
  • Damar lunak
  • Fosfor
  • Glikosida
  • Harsa
  • Kalium
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Kolumbin
  • Mangan
  • Pati
  • Protein
  • Palmatin
  • Pikroretin (zat pait)

Baca juga: Ragam Manfaat Kesehatan Sambiloto: Si Raja Pahit yang Mampu Usir Berbagai Penyakit

Selain itu, brotowali juga mengandung zat yang penting bagi tubuh seperti Pikroretosid, tanin, tembaga, vitamin C dan zinc.. Manfaat dari kandungan Brotowali ini sudah dapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Berikut beberapa manfaat brotowali :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan mengkonsumsi brotowali dapat mencegah berbagai kuman penyebab infeksi tubuh. Brotowali sendiri mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat bagus untuk tubuh kita sehingga membuat kita tidak mudah sakit.

2. Meredakan Alergi

Jika badan kita merasakan ada gejala alergi, dianjurkan mengkonsumsi Brotowali karena penelitian menunjukan Brotowali sangat bagus untuk meredakan gejala alergi seperti gatal-gatal, bentol- bentol hinggal pilek.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sejak lama Brotowali di gunakan untuk menurunkan kadar gula darah, sebab tanaman ini di yakini dapat memperbaiki fungsi hormon insulin yang berperan sebagai pengontrol kadar glukosa di tubuh.

4. Menyembuhkan Deman Akut

Brotowoli bersifat Antipiretik yang fungsinya untuk menurunkan panas tubuh dan dapat meredam gejala demam seperti sakit kepala, mual, dan kedinginan. Brotowali juga di percaya bisa menyembuhkan penyakit seperti malaria, flu babi, hingga demam berdarah.

Baca juga: Biar Disebut Si Raja Pahit, Daun Sambiloto Ampuh Banget Usir 8 Penyakit Ini

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor yang terkandung dalam brotowali sendiri menjadi nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan sendi. Selain itu zat anti oksidan yang terkandung di brotowali dapat memcegah penyakit Ostioporosis dan osteoarthritis.

6. Memerangi Bakteri dan Jamur penyebab infeksi

Bakteri dan jamur adalah pemicu dari beebagai penyakit, khasiat Brotowali adalah sifat Antibakteri dan antijamurnya.

7. Memelihara Kesehatan Hati

Tanaman ini memiliki zat antioksidan dan anti radang yang dapat menjaga fungsi dan kesehatan hati. Sebagai catatan brotowali hanya bisa di konsumsi oleh orang yang tidak memiliki fungsi gangguan hati.

8. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ekstrak brotowali sendiri juga dapat menahan pertumbuhan sel kanker dan sangat ampuh di gunakan sebagai penawar antikanker.

9. Menunda penuaan

Brotowali adalah salah satu tanaman yang dapat dikonsumsi untuk menunda penuaan. Sifat anti penuaan dapat membantu menghilangka kerutan dan bekas luka pada kulit kita.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Timbulkan Komplikasi, 6 Jenis Herbal ini Bisa Mengatasi

10. Meningkatkan kinerja Mata

Tanaman mujarab satu ini biasanya digunakan di daerah india untuk meningkatkan kinerja mata, caranya hanya dengan merebus bubuk brotowali kemudian oleskan di bawah klopak mata yang sudah dingin.

11. Mengobati Peradangan

Tanaman ini mengandung zat anti peradangan. Kandungan ini lag yang di gunakan untuk mengobati berbagai penyakit akibat peradangan. Salah satunya adalah nyeri pada tubuh. Tidak hanya itu, khasiat brotowali juga bisa mengobati luka luar seperti kudis, koreng.

Itulah manfaat - manfaat brotowali yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

(Jumadi)