Helo Indonesia

Atasi Anemia Hingga Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Berikut 7 Manfaat Kesehatan Telur Puyuh

Syahroni - Ragam
Sabtu, 15 Juli 2023 14:30
    Bagikan  
Telur puyuh
ist

Telur puyuh - 7 manfaat telur puyuh untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Di Indonesia sangat mudah menemukan telur puyuh, bahkan para pedagang keliling pun menyediakan telur putuh rebus. Selain itu, di rumah makan telur puyuh diolah menjadi berbagai masakan. Telur puyuh mengandung vitamin A hingga B1, B3, dan B6. Telur puyuh juga merupakan alternatif pengganti telur ayam.

Untuk satu butir telur puyuh (9 gram) mengandung:

  • Kalori: 14
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Kolin: 4% dari nilai harian (DV)
  • Riboflavin: 6% dari DV
  • Folat: 2% dari DV
  • Asam pantotenat: 3% dari DV
  • Vitamin A: 2% dari DV
  • Vitamin B12: 6% dari DV
  • Besi: 2% dari DV

Dari kandungan telur puyuh kita dapat manfaat kesehatan bagi tubuh. beberapa manfaat telur puyuh untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Baca juga: Benarkah Makan Telur jadi Penyebab Timbulnya Jerawat?

1. Kaya akan protein

Telur puyuh adalah sumber protein dan asam amino. Asam amino diperlukan tubuh untuk membangun dan memperbaiki otot serta tulang. Selain itu, asam amino juga berguna untuk memproduksi hormon dan enzim. Serta dapat digunakan sebagai sumber energi.

Sehingga, manfaat telur puyuh sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi, anak, ibu hamil, maupun orang dewasa normal karena menjadi sumber protein harian.

2. Menyeimbangkan kolesterol

Asam lemak yang terkandung dalam telur puyuh dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Faktanya, 60% lemak dalam telur puyuh terdiri dari kolesterol "baik". Hal ini membuat manfaat telur puyuh dapat membantu tubuh dalam menyeimbangkan efek negatif dari kolesterol "jahat".

Baca juga: Manfaat dan Bahaya konsumsi Telur Setengah Matang

3. Mengurangi risiko anemia

Kandungan dalam telur puyuh juga bisa membantu mengurangi risiko anemia. Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah. Anemia dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas atau sesak napas. Manfaat telur puyuh dapat membantu mengurangi risiko anemia karena kaya akan zat besi.
Zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan. Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh.‌

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandunga pada telur puyuh membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel, menyebabkan penyakit, dan penuaan. Manfaat telur puyuh mengandung vitamin C dan vitamin A dalam jumlah besar, yang dapat membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi kesehatan.

5. Detoksifikasi tubuh

Manfaat telur puyuh juga bisa sebagai detoksifikasi tubuh dari racun. Lingkungan kita saat ini mengandung racun, polutan, dan logam berat.
Mengkonsumsi telur puyuh dapat membantu tubuh dalam membuang racun dalam aliran darah. Jika racun tidak dikeluarkan dari tubuh, maka akan menimbulkan berbagai mavam penyakit.

Baca juga: Meski Terkesan Kuno, Sikat Gigi dengan Kayu Siwak Punya Banyak Manfaat Loh

6. Meningkatkan metabolisme

Manfaat telur puyuh juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Telur puyuh mengandung vitamin B yang membantu meningkatkan metabolisme dan mendukung kesehatan tubuh.

Metabolisme bertanggung jawab untuk mengubah makanan dan minuman menjadi energi dan membangun atau memperbaiki tubuh. Telur puyuh dapat membantu mendukung proses tubuh dan fungsi organ ini.

7. Meningkatkan fungsi penglihatan

Manfaat telur puyuh selanjutnya adalah meningkatkan fungsi penglihatan. Telur puyuh mengandung vitamin A dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu mencegah katarak dan masalah penglihatan lainnya, sehingga dengan mengkonsumsi telur puyuh kesehatan mata kita akan terjaga . Vitamin A juga membantu jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya bekerja dengan baik.

Demikian 7 manfaat telur puyuh untuk kesehatan yang sebaiknya perlu diketahui.

(Jumadi)