bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Manfaat dan Bahaya konsumsi Telur Setengah Matang

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 16 Mei 2023 01:01
    Bagikan  
-
Foto : Ist

- - Telur Setengah Matang

HELOINDONESIA.COM - Telur setengah makanan, makanan yang cukup digemari berbagai kalangan. Selain rasanya enak, telur setengah matang dipercaya baik bagi kesehatan.

Selain mengandung banyak nutrisi, telur setengah matang terdapat Kolin yang berguna untuk memperbaiki kinerja otak. Bahkan nutrisi yang ada dalam telur setengah matang baik untuk kesehatan jantung.

Telur setengah matang juga dapat membantu tubuh melawan melawan radikal bebas. Karena makanan ifu juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu tubuh melawan melawan radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Menakjubkan Dari Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh

Adapun sumber utama dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh diantaranya, ozon, polusi udara, asap rokok, radiasi sinar X-ray, makanan dan minuman yang terkontaminasi racun dan pestisida, sebagian produk industri, dan minuman keras.

Sedangkan telur setengah matang memiliki manfaat bagi tubuh, namun nutrisi telur sebenarnya akan jauh lebih baik ketika dimasak sampai matang sempurna.

Pasalnya, ada risiko bahaya yang perlu kamu perhatikan saat mengonsumsi telur setengah matang.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Varises Dengan Bahan Alami

Mengonsumsi telur setengah matang memiliki risiko terjadinya infeksi bakteri Salmonella enteridis yang ada pada kuning telur.

Meski tidak semua telur terkontaminasi bakteri tersebut, akan tetapi sulit mengetahui telur mana yang tidak terkontaminasi bakteri Salmonella.

Jika kamu mengonsumi telur setengah matang yang terkontaminasi bakteri Salmonella, maka kamu akan mengalami gejala seperti diare, demam, hingga nyeri perut. Gejala-gejala tersebut dapat berlangsung selama 4 sampai 7 hari.

Tags
Kesehatan