Helo Indonesia

Ragam Manfaat Minum Jus Lidah Buaya, dan Efek Sampingnya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Syahroni - Ragam
Kamis, 13 Juli 2023 16:45
    Bagikan  
Lidah buaya atau aloe vera
pixabay/ Rosina-Schneider

Lidah buaya atau aloe vera - manfaat minum jus lidah buaya dan efek sampingnya jika dikonsumsi berlebihan.

HELOINDONESIA.COM - Lidah buaya dikenal sebagai salah satu cara terbaik untuk meredakan sengatan matahari. Dalam bentuk gel, zat yang lengket dan lengket terasa seperti balsem dingin di kulit Anda yang panas.

Tapi itu bukan satu-satunya kekuatan super lidah buaya. "Aloe adalah tanaman yang sederhana," kata ahli diet terdaftar di AS, Beth Czerwony, RD, LD. “Sepertinya tidak terlalu istimewa. Tapi sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat.”

Percaya atau tidak, minum jus lidah buaya adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari tanaman tersebut.

Membuat jus lidah buaya adalah proses yang sangat sederhana. Mulailah dengan memetik beberapa daun dari tanaman lidah buaya yang sehat dan matang. Selanjutnya, potong daun dengan hati-hati. Ekstrak gel yang Anda lihat dan campur dengan air. Presto - Anda sekarang memiliki jus lidah buaya yang enak untuk diminum.

Baca juga: Selain Lezat, Berikut 5 Manfaat Kesehatan Arugula yang Perlu Anda Ketahui

Bahwa minuman sederhana ini menawarkan begitu banyak manfaat kesehatan mungkin sulit dipercaya. Tetapi Czerwony mencatat bahwa kesederhanaannya merupakan nilai tambah. Tidak seperti losion berbahan dasar lidah buaya, efek jus lidah buaya tidak diencerkan oleh bahan kimia, pewangi, atau zat lainnya.

"Jus lidah buaya itu sendiri jauh lebih manjur," katanya dilansir dari health cleaveland clinic. "Jika kita melihat properti, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dari jus daripada jika Anda menggunakannya sebagai topikal."

Manfaat jus lidah buaya

Jus lidah buaya pertama dan terutama mengandung antioksidan, atau zat yang membantu mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Tapi jus lidah buaya menawarkan manfaat lebih dari sekedar pencegahan.

Baca juga: 12 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Rambut, Jantung, Hingga Mata Anda

1. Minuman rendah kalori dan rendah gula

Jus biasa tidak selalu sehat. Tidak semuanya memiliki persentase buah asli yang tinggi di dalamnya, sebagai permulaan. Banyak juga yang menambahkan gula. Jus lidah buaya, bagaimanapun, adalah pilihan yang sehat. Czerwony mengatakan porsi delapan ons tidak tinggi protein, lemak atau karbohidrat, tetapi hanya memiliki delapan kalori dan rendah gula. “Ini cukup netral,” catat Czerwony. "Kamu bisa meminumnya sendiri, atau kamu bisa memasukkannya ke dalam smoothie."

2. Membantu membersihkan kulit

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi Anda sering berjerawat karena Anda mengalami dehidrasi. Akibatnya, kulit Anda menghasilkan lebih banyak minyak, yang menyebabkan munculnya jerawat. “Jika Anda minum jus lidah buaya, Anda akan terhidrasi,” kata Czerwony. "Itu akan memberi kulit Anda kelembapan ekstra, sehingga Anda akan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk berjerawat."

3. Meredakan sembelit

Jika Anda sembelit, kabar baik. Tekstur jus lidah buaya dapat memengaruhi konsistensi kotoran Anda, khususnya dengan membuatnya lebih lembut.

4. Mengurangi mulas

Mulas terjadi ketika asam di perut Anda naik ke kerongkongan. Hasil sebuah penelitian kecil tahun 2015 menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat meredakan beberapa asam di perut Anda yang menyebabkan mulas.

Baca juga: Dinobatkan jadi Rempah Termahal di Dunia, Berikut Ini Manfaat Kesehatan Saffron untuk Tubuh Anda

5. Menjaga kesehatan mata

Jus lidah buaya dikemas penuh dengan beta karoten, antioksidan yang biasanya ditemukan dalam sayuran dan buah berwarna oranye dan kuning. Tubuh Anda mengubah beta karoten menjadi vitamin A, vitamin yang terkait dengan kesehatan mata secara keseluruhan.

6. Tingkatkan asupan vitamin dan mineral tertentu

Jus lidah buaya mengandung vitamin C — vitamin serbaguna yang membantu fungsi kekebalan tubuh, misalnya — serta kalsium dan magnesium. “Banyak orang yang mengalami nyeri otot seringkali kekurangan kalsium dan magnesium,” kata Czerwony. "Minum jus lidah buaya bisa mengisi kembali ini jika diet Anda rendah."

Berapa banyak jus lidah buaya yang harus Anda minum?

Seperti apapun yang enak, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Czerwony mengatakan secangkir jus lidah buaya sehari adalah batas yang baik. "Minum lebih banyak belum tentu memberi Anda lebih banyak manfaat," katanya.

Dia juga merekomendasikan minum jus lidah buaya dalam jumlah yang lebih sedikit pada awalnya untuk melihat bagaimana tubuh Anda mentolerirnya. “Setiap kali ada perubahan mendadak dalam pola makan Anda, tubuh Anda akan berkata, 'Apa yang terjadi?'” catat Czerwony. "Anda ingin memulai dengan lambat karena Anda benar-benar tidak tahu bagaimana tubuh akan merespons jus lidah buaya."

Baca juga: Penyebab Batu Ginjal dan Memperparah Asma, Berikut Efek Samping Berbahaya Buah Kiwi untuk Kesehatan Anda

Setelah Anda memutuskan untuk mulai minum jus lidah buaya, Anda juga harus memutuskan mengapa Anda mengambil langkah tersebut. “Apa hasil akhir yang kamu harapkan? Beberapa orang ingin sehat, tapi apa artinya?” tanya Czerwony. “Beberapa orang berkata, 'Hei, ini penuh dengan antioksidan. Ini memiliki vitamin C, vitamin A, beta karoten dan segala macam hal yang baik. Saya menginginkan itu dalam diet saya.’ Oke, itu masuk akal.”

Bisakah Anda minum jus lidah buaya setiap hari?

Czerwony mengatakan jus lidah buaya aman diminum setiap hari. Tapi minum terlalu banyak bisa menyebabkan kram atau diare. Ini pada gilirannya dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. “Jika Anda memiliki beberapa gejala gastrointestinal tersebut, Anda mungkin harus minum jus lidah buaya dua hari sekali, atau setiap tiga hari sekali,” katanya.

Baca juga: Teh Lavender: 10 Manfaat Kesehatan dan Efek Samping yang Harus Diwaspadai

Jika Anda memasukkan jus lidah buaya ke dalam makanan Anda, ada baiknya Anda memeriksa diri sendiri dan melacak perasaan Anda setelah memulai. “Jika Anda meminumnya setiap hari selama berminggu-minggu, dan Anda tidak melihat manfaatnya, jangan lakukan itu,” kata Czerwony. "Jangan menaruh barang ekstra di tubuh Anda jika itu tidak menguntungkan Anda."

Yang terpenting, berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan pola makan yang drastis juga merupakan ide yang bagus. “Kapan pun Anda mencoba sesuatu yang berbeda, beri tahu dokter Anda,” saran Czerwony. “Jika Anda tiba-tiba mengalami kram perut dan tidak tahu kenapa, bisa jadi itu adalah jus lidah buaya. Anda bahkan mungkin tidak menyadarinya. Tetapi jika dokter Anda tahu Anda mengubah diet Anda, mereka dapat meminta Anda untuk berhenti.