Helo Indonesia

Biar Baik untuk Kesehatan, Berikut Risiko Berjalan Tanpa Alas Kaki yang Mungkin Bisa Membahayakan

Syahroni - Ragam
Rabu, 12 Juli 2023 08:00
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay/ TanteTati

Ilustrasi - Risiko yang bisa timbul saat Anda berjalan tanpa alas kaki.

HELOINDONESIA.COM - Menurut penelitian, berjalan tanpa alas kaki dapat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan Anda secara keseluruhan dalam berbagai cara. Latihan ini menghubungkan tubuh Anda secara langsung dengan permukaan bumi yang dapat membantu membuat Anda lebih sadar dan juga berdampak positif pada fisiologi Anda.

Manfaat berjalan tanpa alas kaki termasuk tidur yang lebih nyenyak, pengurangan peradangan dan nyeri, menghilangkan kecemasan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan banyak lagi. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menuai manfaat ini secara alami, penting untuk memahami risiko yang mungkin terkait dengan bertelanjang kaki. Berikut risiko yang terkait dengan berjalan tanpa alas kaki dan cara aman untuk melakukannya

Risiko Berjalan Tanpa Alas kaki

Jika Anda telah berjalan dengan sepatu sepanjang hidup Anda atau baru saja mulai berjalan tanpa alas kaki, prosesnya mungkin memiliki risiko tertentu. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk menuai manfaat berjalan tanpa alas kaki, sangat penting untuk memahami keterbatasannya. Berikut adalah beberapa risiko terkait yang mungkin Anda ingat:

Baca juga: Jangan Asal Gerak, Berikut 5 Jenis Olahraga yang Disarankan untuk Para Lansia

1. Dapat Menyebabkan Penyakit Kaki Diabetik

Meskipun landasan bertelanjang kaki memiliki manfaat, hal itu juga dapat menyebabkan cedera dan masalah lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan di negara berkembang, berjalan dengan kaki telanjang dapat menjadi faktor risiko utama terjadinya penyakit kaki diabetik. Studi menunjukkan bahwa mungkin ada hubungan antara pembumian dan ulkus kaki diabetik.

2. Mungkin Menyebabkan Infeksi Jamur

Saat berjalan tanpa alas kaki, penting untuk memastikan bahwa Anda menjauh dari area yang mungkin memiliki pertumbuhan jamur. Jika kaki Anda bersentuhan langsung dengan area tersebut, jamur dapat menyebabkan infeksi jamur di kaki Anda dan juga di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin menghindari berjalan tanpa alas kaki di tempat-tempat seperti kolam renang, ruang loker, pusat kebugaran, atau pantai.

3. Dapat Menyebabkan Infeksi Cacing Tambang

Sebelum Anda memutuskan untuk mencoba bertelanjang kaki, penting untuk mempertimbangkan permukaan tempat Anda berjalan. Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa larva cacing tambang (cacing yang belum dewasa), yang mungkin ada di dalam tanah, mungkin memiliki kemampuan untuk memasuki tubuh Anda melalui kulit kaki Anda. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa cacing tambang tumbuh subur di tanah; karenanya berjalan tanpa alas kaki di tanah yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi cacing tambang.

Baca juga: Studi: Rutin Olahraga Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak pada Anak Usia Sekolah

Bagaimana Cara Berjalan Tanpa Alas Kaki dengan Aman?

Meskipun ada banyak manfaat berjalan tanpa alas kaki di Bumi, penting untuk melakukannya dengan aman. Berikut adalah beberapa poin dan tips keselamatan yang dapat Anda ingat sebelum Anda berjalan tanpa alas kaki:

  • Ingatlah untuk Mulai Lambat

Penting untuk memberi waktu pada kaki Anda untuk beradaptasi dan terbiasa dengan permukaan yang berbeda. Anda dapat mencoba berjalan di lingkungan yang berbeda setiap hari selama sekitar 10 menit. Latihan ini mungkin membantu membuat kaki, kaki, dan pergelangan kaki Anda siap untuk bertelanjang kaki.

  • Beristirahatlah Saat Merasa Tidak Nyaman

Berjalan tanpa alas kaki seharusnya menjadi pengalaman sensorik yang menyenangkan. Jika merasa tidak nyaman atau sakit saat melakukan grounding, ingatlah bahwa tidak apa-apa untuk berhenti dan istirahat sampai Anda merasa lebih baik. Pastikan bahwa Anda tidak membuat tugas ini.

Baca juga: Hindari Olahraga Pagi Saat Perut Kosong, Picu Masalah Kesehatan

  • Berlatih di Dalam Ruangan

Sebelum Anda melangkah keluar untuk membumikan, Anda dapat berlatih bertelanjang kaki di dalam rumah Anda. Ini mungkin membantu Anda masuk ke ritme dan kebiasaan.

  • Cobalah Latihan Keseimbangan Kaki

Anda dapat mencoba latihan seperti meregangkan, meregangkan, atau menyentuh kaki Anda di rumah. Ini mungkin membantu mempersiapkan dan memperkuat kaki Anda sebelum Anda berjalan tanpa alas kaki di luar.