Helo Indonesia

8 Manfaat Minyak Kelapa dalam Menjaga Kesehatan, Salah Satunya Bisa jadi Make Up Remover

M. Haikal - Ragam
Sabtu, 8 Juli 2023 20:33
    Bagikan  
minyak kelapa,
Foto: Pixabay

minyak kelapa, - Beragam manfaat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan tubuh.

HELOINDONESIA.COM - Minyak sawit atau minyak kelapa memiliki banyak fungsi. Terutama sebagai bahan pokok untuk masakan.

Namun tak hanya itu, kedua minyak ini juga ternyata kalau diolah dengan lebih baik, memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berbagai manfaat minyak kelapa bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Membersihkan sisa kotoran di wajah

Minyak kelapa dapat dijadikan sebagai make up remover alami karena mampu mengangkat kotoran dan sisa riasan di wajah.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menuangkan minyak kelapa murni ke telapak tangan secukupnya, lalu oleskan ke kulit wajah.

Baca juga: Puan Prihatin Jumlah Perokok Anak Terus Meningkat, Apalagi Ada Balita yang Viral Menjadi Perokok

Pijat dengan gerakan lembut agar kotoran atau riasan di wajah bisa terangkat. Selanjutnya, usap wajah dengan kapas bersih secara perlahan, lalu cuci menggunakan sabun pembersih agar tidak ada lagi tersisa kotoran atau minyak kelapa di wajah.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Minyak kelapa diduga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular alias penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sebuah studi menunjukan, orang yang menyertakan minyak kelapa dalam menu diet hariannya memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Meski begitu, jenis minyak kelapa yang dikonsumsi adalah minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni adalah minyak kelapa yang diekstrak dari daging kelapa langsung.

Baca juga: Cek Fakta: Nutrisi dan Manfaat Kesehatan yang Terkandung pada Lada Hitam Menurut Penelitian

Selain itu, mereka juga mengimbanginya dengan makanan tinggi serat dan rendah gula.

3. Membunuh bakteri

Asam laurat dalam minyak kelapa sanggup membunuh bakteri, virus, dan jamur. Karenanya, kebiasaan mengonsumsi minyak kelapa diduga bisa membantu menurunkan risiko penyakit akibat infeksi mikroba. Jika digigit serangga, oleskan minyak kelapa di area gigitan tersebut agar iritasi dan infeksi.

4. Melembapkan kulit

Jika anda memiliki kulit kepala yang kering, minyak kelapa bisa menjadi salah satunya. Manfaat minyak kelapa juga bisa digunakan untuk obat kulit kering. Sebuah riset mengungkapkan bahwa kandungan lemak dalam minyak kelapa mampu menutrisi dan melembapkan kulit kering. Kulit pun jadi lebih terawat dan sehat.

Studi juga menunjukkan khasiat minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim (gangguan pembengkakan kulit).

Baca juga: Di Liga Pro Saudi, Roberto Firmino: Saya Selalu Bermain untuk Tim Besar, Sekarang Saya di Al-Ahli

5. Mencegah stretch mark

Peregangan permukaan kulit karena kehamilan yang semakin besar merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Biasanya, kondisi ini memicu rasa gatal dan stretch mark.

Penggunaan minyak kelapa secara rutin pada masa kehamilan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko timbulnya stretch mark.

6. Mengatasi ketombe

Minyak kelapa yang digunakan secara rutin dapat menjadi solusi untuk mengatasi ketombe akibat kulit kepala kering.
Meski begitu, jika ketombe terjadi pada kulit kepala yang cenderung berminyak, hindari penggunaan minyak kelapa secara berlebih.

7 . Menyehatkan rambut

Jika rambut kamu kering, rusak, dan bercabang akibat terlalu sering dicat atau terkena panas. Minyak kelapa bisa membantu memperbaiki kondisi rambut dan mengembalikan rambut kamu menjadi sehat dan berkilau.

Baca juga: Kapolres Kombes Pol Ino Jenguk 2 Korban Lift Az Zahra

8. Melindungi kulit dari sinar UV

Khasiat minyak kelapa juga bisa dirasakan oleh kulit untuk membantu menangkal pengaruh buruk sinar matahari. Walaupun terbilang lemah atau kurang poten, sekitar 20 persen sinar UV bisa ditangkal oleh minyak kelapa.

Selain bisa untuk memasak ternyata manfaat minyak kelapa untuk kesehatan sangat banyak bagi kesehatan.

Jumadi Sallam