Helo Indonesia

Bacaan Sholawat Nariyah Arab, Latin, Arti dan Keistimewaanya!

Restiyan Ningsih - Ragam
Rabu, 6 Maret 2024 20:50
    Bagikan  
Sholawat Nariyah
Freepik

Sholawat Nariyah - Bacaan, Arti dan Keistimewaanya!

HELOINDONESIA.COM - Sholawat Nariyah adalah salah satu jenis sholawat yang populer di kalangan umat Islam. Sholawat ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, dan sering kali dipercaya dapat membawa berkah dan perlindungan bagi yang mengamalkannya.

Nama "Nariyah" sendiri berasal dari kata Arab yang berarti "api" atau "nyala", sehingga sholawat ini juga dikenal sebagai Sholawat "Pembakar Dosa".

Sholawat Nariyah terdiri dari kalimat-kalimat pujian dan doa kepada Nabi Muhammad SAW. yang dimulai dengan kalimat "Allahumma salli ala sayyidina Muhammadin al-fatihi lima ughliqo wal-khatimi lima sabaq, nasiril-haqqi bihaqqi, wal-hadi ila shiratikal-mustaqim, wa 'ala alihi haqq qadrihi wa miqdarihil-'azim".

Baca juga: Ribuan Umat Hindu Bakal Hadiri Ritual Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan

Berikut Bacaan Sholawat Nariyah dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan shalawat nariyah:


اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ


Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).


Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau,".

Baca juga: Menteri ATR/Kepala BPN Kunjungi Kapolri, Perkuat Sinergi demi Meminimalisir Potensi Kerugian Negara

Keutamaan Sholawat Nariyah

1. Dimudahkan dalam menghadapi kesulitan

Melantunkan sholawat Nariyah menurut Imam al Qurthubi yakni orang yang membaca shalawat Nariyah atau Tafjiriyah sebanyak 41 kali, 100 kali atau lebih, Allah akan melapangkan kesulitannya

2. Akan diluaskan Rezekinya

Keistimewaan Sholawat Nariyah lainya adalah akan melapangkan rezeki dan tidak putus-putus.

3. Penghapus Dosa

Keutamaan sholawat selanjutnya sebagai penghapus dosa.

وقال صلى الله عليه وسلم: {صَلاَتُكُمْ عَلَيَّ مَحَّاقَةٌ}.

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Sholawat kalian kepadaku itu pengahancur (dosa-dosa)".

4.Mendapat Syafaat

Dari Abdullah ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca shalawat untukku

5. Dihindari dari bencana

Menurut Syeikh Ibnu Hajar al Asqalani, sholawat tersebut menjadi amalan para ulama apabila mereka memohon suatu hajat kepada Allah atau menolak datangnya suatu bencana.

6. Dikabulkan Do'a

Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : "Barang siapa bersholawat seratus kali dalam sehari maka Allah menunaikan seratus hajatnya. Tujuh puluh untuk hajat akheratnya dan tiga puluh untuk hajat dunianya."

Itulah bacaan Sholawat Nariyah dan keistimewaanya!