Helo Indonesia

Mbah Kusmin, Wong Pinter dari Pati yang Didatangi Caleg untuk Minta Nasihat Spiritual

Ajie - Ragam
Rabu, 6 Maret 2024 07:42
    Bagikan  
Mbah Kusmin, Wong Pinter dari Pati yang Didatangi Caleg untuk Minta Nasihat Spiritual

Mbah Kusmin

PATI, HELOINDONESIA.COM - Gunung Muria menyimpan banyak cerita, keunikan , peninggalan dan kesaktian para pendahulunya. Di sana ada makam Walisongo Raden MasSaid, yang terkenal dengan Kanjeng Sunan Muria.

Setiap hari banyak peziarah yang datang, apalagi pada hari hari tertentu para ziarah membeludak, baik memakai mobil sendiri, motor dan rombongan untuk memziarahi makam Kanjeng Sunan Muria.

Baca juga: Kembali, HGU Akaw Usik Warga Hingga Orang yang Sudah Wafat

Di lereng Gunung Muria, yang ikut wilayah Kabupaten Pati, di dekat perkebunan Teh Jollong, dan Waduk Gunungrowo, ada sebuah desa yang cukup terkenal di sekitar Pati, bahkan sampai ke luar Jawa, karena keberadaan seorang yang dianggapnya wong pinter alias orang pintar yang dengan ikhlas membantu permasalahan apa saja dalam kehidupan.

Di antara wong wong pinter yang ada di Pati, adalah Mbah Kusmin. Dia sudah banyak membantu menangani orang sakit, rumah tangga, pekerjaan, kepangkatan, sekolah, memanggil sukma di luar negeri, menangkal guna-guna, santet, teluh, pengasihan, hingga keinginan naik jabatan.

Caleg

Bahkan tempo hari sebelum coblosan Pemilihan Legislatif , banyak orang yang calon legislatif (caleg) yang berkeinginan menjadi Anggota Dewan minta bantuan Mbah Kusmin, apalagi saat pilihan kepala desa tak sedikit orang yang minta ''suwuk'' Mbah Kusmin. Kedatangan mereka semata-mata untuk meminta nasihat spiritual.

Baca juga: Hasil Konten Dapat 100 Juta Gus Samsudin Ridho, Dia Mengaku Senang Dipenjara

Orang memanggil Mbah Kusmin sebagai ''Wong Pinter'' karena sudah banyak membantu dan teruji, dengan penampilan sederhana, ramah dan ikhlas membantu Mbah Kusmin berdomisili di Desa Guwo, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jalan Raya Guwo Gunungrowo RT 05/ RW 03.

Ketika ditanya Mbah Kusmin, keistimewannya bisa menolong orang banyak, mengurai masalah, menyembuhkan penyakit, dan yang dikehendaki orang datang bisa terlaksana, Mbah Kusmin selalu merendah, bahwa dia tidak bisa apa apa, semua atas izin yang maha kuasa, Gusti Allah. (Aji)