Helo Indonesia

Doa dan Amalan Rasulullah SAW Menjelang Tidur

Restiyan Ningsih - Ragam
Senin, 19 Februari 2024 18:47
    Bagikan  
ilustrasi
Freepik

ilustrasi - Doa dan Amalan Rasululloh SAW

HELOINDONESIA.COM - Tidur bisa menjasi waktu anda untuk beristirahat, Ketika tidur tentu kita tak ingin ada gangguan atau hal yang mengganggu tidur kita.

Untuk itu, sebagai orang islam, kita dianjurkan untuk berlindung pada sang Maha Pencipta Allah SWT.

Seperti yang dilakukan oleh Rasulululloh sebelum tidur, beliau selalu mengamalkan untuk membaca surat-surat Alquran dan membaca doa.

Dilansir dari laman resmi NU, mereka sebagaimana Rasulullah SAW membaca surat Al-Fatihah, Qulhu, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sekali.

Baca juga: Celana Dipelorotin, Siswa SMA Binus Korban Bully Diduga Libatkan Anak Vincent Rompies, Ini Penjelasan Polres Tangsel

Setelah itu mereka meniup kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali sebelum diusapkan di sekujur badannya. Setelah mengusap sekujur badan, mereka membaca doa sebagai berikut.

بِسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bismika rabbî wadla‘tu janbî wa bika arfa‘uhu. In amsakta nafsî farhamhâ. Wa in arsaltahâ fahfazhhâ bimâ tahfazhu bihî ‘ibâdakas shâlihin.

Artinya

“Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh.

Setelah itu dianjurkan membaca Ayat Kursi, Âmanar rasûlu hingga akhir surat, dan istighfar tiga kali. Semua ini diamalkan Rasulullah SAW sebelum tidur. Wallahu a‘lam.