Helo Indonesia

Lensa Nikkor Z 24-120mm f/4 S Terlaris dan Berikut Daftar 10 Kamera Terpolular Tahun 2023

Edo - Ragam
Kamis, 4 Januari 2024 15:20
    Bagikan  
TERLARIS 2023
nikon

TERLARIS 2023 - Inilah lensa terlaris dan kamera paling popular tahun 2023

HELOINDONESIA.COM - Penjualan kamera di Jepang melaporkan, telah menerbitkan rincian 10 kamera baru dan bekas terpopuler tahun 2023.

Untuk penjualan lensa Nikon menduduki puncak tangga penjualan lensa tertinggi untuk jenis lensa Nikkor Z 24-120mm f/4 S.

Sedangkan untuk kamera paling ikonik dan penjualannya meraih posisi teratas pada tahun 2023 kamera Nikon Z8.

Tidak mengherankan jika pelanggan di Jepang sendiri meminati kamera Nikon Z8, karena Nikon Z8 terbukti juga menarik bagi fotografer di seluruh dunia.

Baca juga: Pelajaran Hebat Memahami Forografi yang Dapat Dipetik dari Kamera Analog

Nikon Z8 juga memperoleh predikat Camera of the Year dari PetaPixel Awards, yang sekaligus menjadi kamera paling popular sepanjang tahun 2023.

Dalam ulasannya seorang fotografer yang juga Editor PetaPixel, Chris Niccolls menyebut Nikon Z8 sebagai kamera terbaik bagi sebagian besar fotografer, tampaknya banyak yang setuju.

Meskipun Canon tidak memberikan kinerja yang luar biasa dalam penjualan lensa di Map Camera pada tahun 2023, kamera Sony R6 Mark II yang luar biasa dari perusahaan tersebut meraih posisi kedua untuk penjualan kamera baru.

Baca juga: Vivo V30 Lite 5G Resmi Meluncur, Punya Kamera Selfie 50 MP

Sony R6 II diikuti oleh satu-satunya kamera Nikon lainnya yang dirilis tahun ini, Nikon Zf yang terinspirasi dari kamera tempo dulu.

Sementara yang mengikuti Nikon Z8, Sony R6 II, dan Nikon Zf adalah trio kamera Sony yakni Sony a7R V, a7 IV, dan Sony a7C II baru .

Hanya satu kamera lain yang dirilis pada tahun 2023 yang mencapai grafik penjualan tahun ini, Panasonic Lumix S5 II di posisi kesembilan.

Baca juga: ZTE Nubia Z60 Ultra Resmi Rilis di China, Mengusung Kamera Canggih AI

Menarik untuk melihat bagaimana nasib Lumix S5 IIX, mengingat kedua kamera tersebut hampir identik dalam fitur dan harga, ada kemungkinan varian S5 IIX mencopot sebagian penjualan Lumix S5 II.

Dalam hal penjualan kamera bekas, Sony a7 III menjadi pilihan terpopuler, disusul Sony a7 IV dan Fujifilm X-S10, yang juga menduduki peringkat kedelapan pada grafik penjualan kamera baru.

Fujifilm juga menempati peringkat kamera bekas, dengan kamera Fujifilm X-T4 di posisi keempat.

Baca juga: HP Honor X8b Resmi Meluncur, Dibekali dengan Kamera 108 MP dan Layar Poni ala Iphone

Nikon dan Canon masing-masing memperhitungkan peringkat yang digunakan dengan beberapa kamera lama, termasuk Canon EOS R6, yang masuk peringkat ketujuh, Nikon Z6 (ke-8), Nikon Zfc (ke-9), dan Nikon Z6 II (ke-10).

Hal lain yang perlu dicatat adalah bahwa kamera saku premium Ricoh GR IIIx adalah kamera baru terpopuler ketujuh pada tahun 2023 di Map Camera.

Sedangkan Ricoh GR III lama, yang identik kecuali lensa internal yang lebih pendek, mengakhiri tahun ini di tahun 2023.

Baca juga: Honor X7b Resmi Rilis, HP Canggih dengan Kamera 108 MP

Tempat keenam pada grafik penjualan kamera bekas. Kedua kamera tersebut masih tersedia dalam versi baru dan hidup berdampingan dalam jajaran Ricoh Pentax, yang merupakan perbedaan menarik.

Dibandingkan dengan peringkat kamera terlaris tahun 2022 berdasarkan data dari Map Camera, terdapat beberapa wajah yang familiar, termasuk Sony a7 IV.

Kamera terlaris pada tahun 2022, dan Fujifilm X-T5 , yang turun dari posisi kelima menjadi ke-10 dari tahun ke tahun.

Baca juga: Pertama di Dunia, Psync Camera Genie S, jadi Kamera Keamanan Ruangan Bertenaga GPT

Sementara kamera yang hilang sama sekali dari daftar kamera popular, antara lain, adalah Olympus OM System OM-1, Nikon Z9, dan Canon EOS R3 yang merupakan tiga kamera andalan yang menggunakan sensor gambar bertumpuk.

Tahun ini, satu-satunya kamera dengan sensor bertumpuk yang masuk 10 besar adalah kamera terlaris, Nikon Z8, yang dilengkapi sensor gambar yang sama dengan Nikon Z9.

Baca juga: Cocok untuk Para Konten Kreator, Infinix Zero 30 Series Hadir Dengan Kamera AI di Pasar Indonesia

Kamera Sony a9 III yang diluncurkan pada akhir November 2023 bakal menjadi kompetitor baru diperkirakan bakal masuk dalam daftar kamera terlaris Map Camera pada tahun 2024.

Sensor rana global kamera ini luar biasa, terutama untuk fotografi olahraga dan adegan dengan momen yang sangat cepat mampu ditangkap dalam sekejab. **