bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kober Ajak Penonton Memahami Pertanyaan-Pertanyaan Primordial

Nabila Putri - Ragam
Senin, 6 November 2023 20:57
    Bagikan  
Kober Ajak Penonton Memahami Pertanyaan-Pertanyaan Primordial

Pilgrim # 2 Bunyi Tepukan Satu Tangan. (Foto Bambang SBY/Helo).

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Komunitas Berkat Yakin (Kober) mempersembahkan teater Pilgrim # 2 "Bunyi Tepukan Satu Tangan" karya Ari Pahala Hutabarat di Gedung Teater Tertutup Taman Budaya Lampung, Minggu (5/11/2023), pukul 16.00 WIB.

Pada pertunjukan Minggu sore itu, para penonton memenuhi ruang gedung teater tertutup itu. Mereka sebagian besar anak muda yang terlihat antusias menyimak pertunjukkan teater dengan dekorasi minimalis dan tata cahaya fokus pada para pemain.

Di Taman Budaya, mereka sehari sebelumnya melakukan pertunjukkan serupa. Rencana, Kober akan menggelar pertunjukkan yang sama di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, 20 November 2023.

Baca juga: Badan Anggaran DPRD Sampaikan Laporan KUA dan PPAS RAPBD Provinsi Lampung Tahun 2024

Pilgrim # 2 menceritakan tentang hadirnya rasionalisme yang membawa kita pada kelupaan akan 'ada', menutupi diri kita bagi pertanyaan-pertanyaan primordial, tentang hidup, tentang keberadaan, tentang kenyataan.

Ari Pahala Hutabarat sebagai sutradara membawa penonton pada suasana kegelapan yang tak bisa ditembus oleh batas-batas pemikiran. Kegelapan rasional ini terus-menerus abaikan dengan cara menenggelamkan diri dalam keseharian .

Tak ada jalan lain untuk keluar dari derita itu selain menemukan kembali Cahaya Sejati, Juru Selamat Sejati. Dan untuk sampai, sebuah jalan kerinduan sudah dibentangkan untuk ditempuh; perjalanan spiritual yang kita tak pernah tahu kapan akan sampai itu.

Pilgrim # 2 adalah sekumpulan orang yang berusaha menempuh jalan itu, sekumpulan orang yang juga tak tahu kapan mereka akan sampai dan bertemu.

Baca juga: Terjawab, Pemicu Tewasnya Remaja Digebuk Usai Balapan Liar

"Berulang kali kehilangan, berulang kali dikhianati pasti akan membuat kita semua hancur bila kita tak mempercayai bahwa matahari sempurna akan muncul dari balik bukit, bahwa bulan jadi sempurna bila dilihat dari beranda rumah, bahwa dermaga selalu ada satu perahu yang akan membawa kita ke bandar-bandar yang mungkin masih ada di seberang dunia."

Pilgrim #2 mengajak kita untuk kembali menjadi terbuka, menjadi lebih sederhana, menjadi apa adanya. Mengajak kita memasuki dada kita masing-masing, menyapa diri kita masing-masing. Agar mungkin, berjumpa dengan kejujuran yang sejati.

Karya & Sutradara: Ari Pahala Hutabarat

Pelaku: Alexander GB, Ar-rizqi Ryan Fadela, Fahrunnisa Bela Amas, Lentera Dzulqarnain, Novian Pratama, Nur Suci Romadhona, Pramudya Arya, Robby Aslam Amrouzi, Tria Nur Handayani, Yulizar Lubay.

Pemusik: M Daniel Hadi
Penata Cahaya: Arief Rahman. Chandra Aria Wicaksono
Pimpinan Produksi: Alexander GB
Staf Manager: Yogi Prazani
Tim Produksi: Ahmad Mufid, Arman AZ, Erma Dwi Puspita, Haris Forta Negara, Mike Fena Firdania, Selviana, Yonkki Ibrahim, Yunita Arsianty Purba
Dokumrntasi: Ridho Pratama. (Bambang SBY)