Helo Indonesia

Pekon Kiluan Masuk Seleksi Wakili Lampung Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Nabila Putri - Ragam
Jumat, 27 Oktober 2023 10:00
    Bagikan  
Pekon Kiluan Masuk Seleksi Wakili Lampung Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Tim verifikasi saat berdialog dengan jajaran Pemkab Tanggamus (Foto Hadi/Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Setelah melewati seleksi tahap I administrasi (6/10/2023), Pekon Wisata Kiluan masuk tahap II dan diverifikasi lapangan oleh tim juri pada Kamis (25/10/2023).

Tim Juri dari Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI melakukan verifikasi Lapangan Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 ke Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan.

Tim juri dari Kemendes yaitu Dr. Agus Kuncoro, S.Sos, M.Si sebagai ketua tim dan didampingi oleh Ajar Widianto, S.Sos dan Juli H. Mereka disambut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Arpin didampingi Kepala Dinas Pariwisata Suyanto, Dinas Lingkungan Hidup, Bapperida, Dinas UMKM Koperindag, Camat Kelumbayan Derius Putrawan, serta Kepala Pekon Kiluan Negeri dan para pendamping Desa Kiluan Negeri.

Baca juga: Alumni UIN Bekerja Ojol Itu Tewas di Asrama Pascasarjana UIN RIL

Pekon Kiluan Negeri merupakan salah satu pekon yang terkenal dengan destinasi wisatanya Teluk Kiluan satu-satunya desa wisata yang mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2023.

"Alhamdulillah masuk dalam 15 besar pada penilaian Tahap II dan pada hari ini kita sampai pada tahap verifikasi lapangan dan kami ucapkan selamat datang kepada Tim Juri di Pekon Kiluan Negeri," pungkasnya.

Selanjutnya, dalam lomba Desa Wisata ini ada pemenang untuk 15 desa perkategori, 3 desa tematik per kategori dan 1 desa wisata favorit.

Baca juga: Warga Gedongtataan Membusuk di Asrama S-2 UIN Radin Inten II

Ketua Tim Juri Kemendes Dr. Agus Kuncoro, S.Sos, .M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan Pemkab Tanggamus. Dia mengatakan Teluk Kiluan sangat mempesona keindahan alamnya.

"Kami akan melakukan verifikasi lapangan hingga besok, semoga Kabupaten Tanggamus dengan desa wisatanya bisa masuk nominasi dalam lomba ini yang pemenangnya akan di umumkan pada pertengahan November 2023 di Nusa Tenggara Barat," katanya. (Hadi)