bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Sambo Meluncur Bak Peluru dan Mendarat Tepat di Panjang

Nabila Putri - Ragam
Minggu, 1 Oktober 2023 11:31
    Bagikan  
Sambo Meluncur Bak Peluru dan Mendarat Tepat di Panjang

Para penggemar balap burung sedang mempersiapkan jagoanya (Foto Apriyan/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Seekor burung merpati (dara) bernama Sambo meluncur deras bak peluru dan mendarat tepat dalam lingkaran di Kampung Sinar Kuala, Kelurahan Ketapang Kuala, Kecamatan Panjang, Kota Bandarlampung, Minggu (1/10/2023).

Burung milik Fariz Hermanto itu mengejutkan para penggemar balap burung mulai dari para remaja hingga dewasa menyaksikan burung merpati tersebut meluncur lurus dan mendarat persis di lingkaran berdiameter 2 meter yang telah ditetapkan panitia.

Fariz Hermanto bersama para penggemar balap burung dara dua pekan sekali, setiap hari Minggu, mengadalan lomba tersebut. Ketua Kuala Merpati Speed menamakan kegiatan barang burung ini dinamakan Olahraga Balap Sarlung Burung Merpati.

Baca juga: Lansia Back to Campus, Reuni Fakultas Pertanian Angkatan 84 Unila

"Balap burung ini diadakan sebagai perlombaan setiap dua minggu," kata Ferry Kasto, ketua Klub Kuala Merpati Speed. Hiburan yang positif, katanya. Ada beberapa kelas dalam perlombaan ini, yakni pemula hingga kategori premium

"Banyak burung berprestasi yang dihasilkan dari klub ini, biasanya dari kelas pemula meningkat menjadi kelas premium di event event selanjutnya, baik di tingkat daerah dan Nasional," ujar Ferry Kasto.

Menurut dia, susah-susah gampang ikut perlombaan. Burung Pemenangnya harus benar benar terlatih, selain sehat dan kuat tenaganya saat terbang menyusuri gunung (sarlung). Kegiatan ini diminat parai remaja setempat dalam mengisi kegiatan di hari libur. (Apriyan Sucipto)