Diprediksi, Kepentingan Politik Jokowi Lebih Tergaransi Jika Dukung Prabowo

Sabtu, 8 Juli 2023 22:52
Para petinggi Bara JP saat menyambut Presiden Jokowi (Foto Bara JP/HI) Para petinggi Bara JP saat menyambut Presiden Joko

HELOINDONESIA.COM - Sikap politik Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan Pemilu 2024 menjadi polemik. Apalagi Jokowi secara gamblang mengakui akan cawe-cawe dalam Pilpres 2024.

Namun terkait cawe-cawe tersebut, Jokowi tidak memaparkan secara detil. Dia hanya mengatakan, cawe-cawe tersebut untuk kepentingan negara bukan pribadi. 

Publik mulai mengkaitkan cawe-cawe Jokowi dengan dukungan pada calon presiden (capres) setelah dalam beberapa momen Jokowi terlihat mesra baik dengan Ganjar Pranowo maupun dengan Prabowo Subianto.

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan, meniulai Jokowi mendukung Ganjar Pranowo. Namun di sisi lain Jokowi juga akan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Baca juga: Terendus Terima Rp 40 Miliar Dukung Prabowo Subianto, Elit Projo Udah Kayak Cacing Kepanasan

"Jokowi sudah memainkan politics Endorsement sejak awal. Endorsement Jokowi tidak hanya diberikan kepada Ganjar tapi juga Prabowo,” kata Yusak, Sabtu (8/7).

Menurut Yusak, Jokowi memang tidak bisa lepas dari PDIP. Dia harus tetap menjaga hubungannya dengan PDIP yang telah menjadikan dirinmya sebagai Kepala Negara selama dua periode.

“Tapi juga tidak bisa dipungkiri Jokowi juga berharap pada Prabowo dalam Pilpres 2024," katanya.

Baca juga: Jokowi Sebut Papua Aman Tak Ada Masalah, Tokoh Ini: Semoga Bapak Masih Punya Rasa Kemanusiaan

Dekan FISIP Universitas Sutomo berpendapat bahwa Jokowi akan melimpahkan dukungan dari simpatisannya ke Prabowo di Pilpres. Sebab, Jokowi meyakini bahwa Ketua Umum Partai Gerindra itu akan melanjutkan program strategis yang saat ini telah dicanangkannya. 

"Jokowi akan kecenderungan akan mendukung Prabowo. Sebab Jokowi merasa kepentingan politiknya bisa lebih tergaransi Prabowo dibanding Ganjar," tutupnya.

Berita Terkini