Helo Indonesia

Giring Klaim Sudah Meminta Kaesang Menjadi Ketum PSI

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 25 September 2023 16:27
    Bagikan  
Kaesang Pangarep Resmi Gabung PSI dan Menerima KTA Dari Ketua Umum PDI Giring Ganesha
Foto : Tangkapan Layar

Kaesang Pangarep Resmi Gabung PSI dan Menerima KTA Dari Ketua Umum PDI Giring Ganesha - (Instagram/PSI)

HELOINDONESIA.COM - Usai resmi menjadi kader partai solidaritas Indonesia atau PSI, putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dikabarkan bakal didorong untuk menjadi ketua umum partai berlogo tangan memegang bunga mawar itu.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tak menepis kabar Kaesan bakal menggantikan diirnya sebagai ketua umum PSI.

Bahkan Giring mengaku ia telah meminta Kaesang untuk menggantikan dirinya sebagai Ketua Umum PSI. Dia beralasan, di partainya lebih mengedepankan kolektifitas kerja.

"Mungkin bagi banyak elit politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya. Di PSI kami diajarkan soal kolektifitas kerja, jabatan itu soal manajerial, namun beban kerja selalu dibagi bersama," kata Giring dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/).

Baca juga: Momen Ganjar Bertemu Kaesang saat Nonton Sheila on 7, Curi Perhatian Penikmat Musik Pestapora

Selain itu menurutnya, keinginan Kaesan menjadi ketua umum PSI tidak hanya disampaikan dirinya namun juga merupakan aspirasi semua kader. Dia mengaku tidak mempersoalkan pergantian dirinya itu mengingat pergantian struktur partai bertujuan agar PSI harus lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 yang akan datang.

"Mungkin tidak lazim, ditengah banyak partai yang posisi tertinggi partainya tidak berganti-ganti. Tapi faktanya di PSI begitu, struktur itu soal bagaimana kita mencapai tujuan bersama, bisa rombak sesuai kebutuhan strategi partai. Jadi selalu relevan dengan semangat zaman," ujarnya.

Giring mengaku sudah sejak tiga bulan terakhir sudah berkomunikasi intens dengan Kaesang dan teman-teman di daerah. 

"Saat itu saya sudah sampaikan rekomendasi ke partai, bahwa anak muda itu adalah Mas Kaesang Pangarep. Jadi tidak ada itu suksesi tiba-tiba atau dadakan di PSI," ucap dia.

Baca juga: Putri Zulhas Duga Kaesang Merasa Telah Didzolimi Lalu Memutuskan Gabung PSI

Dia menambahkan sejak video dirinya yang keluar beberapa waktu lalu, dia sudah mengatakan sudah saatnya mengembalikan partai ini ke pemilik sebenarnya.

"Semua sudah sesuai mekanisme organisasi. Bahkan hari ini saya akan pimpin Rapat Pleno KOPDARNAS untuk segera meminta Dewan pembina mengesahkan Mas Kaesang sebagai Ketua Umum," tegasnya.

Usai pergantian ketua umum, Giring mengaku ia lebih fokus meraih kursi di dapilnya yaitu di Jawa Barat 1. "Setelah ini saya akan fokus di Dewan Pembina sambil berjuang memenangkan kursi di Dalil Jawa Barat I untuk PSI," tutupnya.