Helo Indonesia

Berpeluang Kuat Cawapres, Erick Thohir : Biar Koalisi Indonesia Maju yang Menentukan

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Rabu, 20 September 2023 14:49
    Bagikan  
Prabowo, Jokowi, Erick Thohir,
Facebook / Prabowo Subianto

Prabowo, Jokowi, Erick Thohir, - Presiden Jokowi mengajak dua menterinya, Menhan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir ke Pindad Malang. (Foto: Facebook / Prabowo Subianto)

HELOINDONESIA.COM - Penentuan sosok calon wakil presiden atau cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024 semakin alot. Apalagi ada tiga kandidat cawapres di internal koalisi Indonesia Maju yakni Erick Thohir yang didorong Partai Amanat Nasional (PAN), Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY yang merupakan Cawapres dari Partai Demokrat dan Airlangga Hartarto dari Partai Golkar.

Namun dari ketiga kandidat, Erick Thohir (Etho) yang kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebut-sebut menjadi kandidat terkuat untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Meski demikian, Etho memasrahkan penentuan keputusan nama cawapres kepada koalisi Indonesia Maju atau KIM Sebagai koalisi partai pengusung Capres Prabowo. 

Dia meyakini, koalisi partai KIM bisa memilih Sosok yang terbaik untuk mendampingi Prabowo Subianto di kontestasi Pilpres tahun depan. Saat ini kata dia, tetap fokus terhadap tugas-tugasnyA sebagai menteri dan juga Ketua PSSI.

Baca juga: Isu Tampar Wamen, Relawan Sebut Ada pihak Ingin Menjatuhkan Prabowo

“Pada saat ini saya fokus pada apa kerjaan yang saya rasa sudah ada di depan mata dan kita fokus,” kata Etho di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Diketahui, berdasarkan hasil survei dan pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Etho unggul atas kandidat cawapres lainnya sebagai pendamping Prabowo Subianto.

Etho mengapresiasi hasil survei tersebut. Dia menilai, hasil survei juga terkait penilaian positif atas hasil kinerja dirinya sebagai Menteri Pertanahan dan ketua umum PSSI.

"Harus diakui ini akan beban saya tersendiri supaya mencapai target tetap baik. Baik di BUMN, maupun di sepak bola U-17, timnas dan lain-lain, ya tentu ini hal yang menjadi pemacu kita,” ujarnya.

Baca juga: Prabowo Bantah Menampar dan Mencekik Wamentan : Ketemu Aja Belum

Etho juga mengungkapkan bahwa antara Dirinya dengan Ketua Umum PAN Zukifli Hasan (Zulhas) memiliki hubungan yang sangat baik. Meski demikian dia menyampaikan bahwa kewenangan penentuan cawapres sudah diserahkan kepada capres Prabowo Subianto atas masukan dan pertimbangan partai -partai Koalisi Indonesia Maju.

“Saya dengan Pak Zulhas itu kan sudah kenal sejak lama, dan sangat baik. Bahkan keluarga kita juga bersahabat. Mungkin dari situ, kemudian pihak Pak Zulhas dan PAN sendiri punmya komitmen. Tentu saya apresiasi. Tapi penentuan nama cawapres ada di koalisi, tidak ada bisa mendorong-dorong kemauan pribadi,” ujarnya.

Etho menambahkan, sejauh ini belum berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait karena pemilihan nama cawapres adala hak koalisi partai-partai politik. 

Baca juga: Demokrat Bakal Menyulitkan Kubu Prabowo Gegara Bawa Jargon Perubahan

Diketahui, koalisi capres Prabowo Subianto semakin gemuk dengan bergabungnya Partai Demokrat. Koalisi Indonesia Maju sebutan untuk Koalisi Partai Prabowo, saat ini terdiri dari Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, dan Partai Demokrat. Tidak hanya partai parlemen, partai non parlemen pun ikut memberikan dukungan kepada Praboiwo. Partai non parlemen itu adalah Partai Bulan Bintanh, Partai Gelora, dan Partai Garuda