Helo Indonesia

Putra Waykanan Agus Fatoni Calon Kuat Gantikan Gubernur Herman Deru

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Rabu, 20 September 2023 12:36
    Bagikan  
Putra Waykanan Agus Fatoni Calon Kuat Gantikan Gubernur Herman Deru

(Foto Ist.)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Putra Waykanan Lampung Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr. Agus Fatoni (51) calon kuat penjabat (pj) gubernur Sumatera Selatan menggantikan Gubernur H. Herman Deru dan Wakil Gubernur H Mawardi Yahya.

Sebelumnya, Mantan Ajudan Gubernur Lampung Poedjono Pranyoto pada 1995-1997 itu juga sempat beredar kabar yang akan menjadi penjabat gubernur Lampung menggantikan Arinal Djunaidi yang akan berakhir masa jabatannya akhir tahun ini, Desember 2024.

Bocoran informasinya, Agus Fatoni menjadi kandidat utama setelah pembahasan awal atau Pra-Tim Penilaian Akhir (Pra-TPA) dirinya bersaing dengan dua nama calon kuat lainnya, Selasa (19/9/2021), pukul 16.00 WIB. 

Sebelumnya, Agus Fatoni bersaing dengan Dr Robby Kurniawan (Tenaga Ahli di Kemenhub sekaligus Staf Ahli Bidang Logistik dan Multimoda) dan Syafrizal (Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri).

Baca juga: Festival Rempah dan Lada Lampung Digelar 3 Hari, Ini Rangkaian Kegiatannya

Bahkan, infonya rapat final tim sudah kelar mengerucut ke Agus Fatoni. Pekan lalu, sejumlah pejabat Sumsel menyambut kedatangannya dua kali ke Sumsel di luar dinas, yakni pada Kamis (14/9/2023) dan Sabtu (16/9/2023).

Sempat dikonfirmasi wartawan, Fatoni yang kini menjabat Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri hanya mengucapkan terima kasih atas informasi dirinya masuk kandidat pj gubernur Sumsel.

Agus Fatoni lahir di Kecamatan Bahuga, Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, 6 Juni 1972. Dirinya menyelesaikan TK hingga SMA-nya di Lampung, lalu program D3 di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor tahun 1994.

Dia melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) 1994, S1 Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) 1999, S2 Ilmu Pemerintahan UNPAD 2003, dan S3 Ilmu Pemerintahan UNPAD 2009.

Baca juga: BEM FEB Unila Akan Aksi Sambut Zulhas dan Erick Tohir di GSG Unila

Riwayat Jabatannya:
1. Kepala Staf Pribadi Mendagri
2. Kepala Subdit Dana Bagi Hasil Pajak, Migas, dan Cukai pada Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Kemendagri
3. Kepala Seksi Provinsi Papua dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri.
4. Pjs Gubernur Sulawesi Utara
5. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri
6. Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Kemendagri
7. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri
8. Sekretaris Kopri Unit Kemendagri
9. Kepala Bagian Protokol Kemendagri (HBM)