Helo Indonesia

Hasil Survei, Elektabilitas Prabowo Lampaui Jauh Ganjar Pranowo

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Jumat, 15 September 2023 15:15
    Bagikan  
SALAM KOMANDO: Gubernur Jawa Tengah (Baju batik) salam komando dengan Menteri Pertahanan Prabowo Sub
SALAM KOMANDO: Gubernur Jawa Tengah (Baju batik) s

SALAM KOMANDO: Gubernur Jawa Tengah (Baju batik) salam komando dengan Menteri Pertahanan Prabowo Sub - SALAM KOMANDO: Gubernur Jawa Tengah (Baju batik) salam komando dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat keduanya mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Pasar Grogolan, Pekalongan. Foto: Ist

HELOINDONESIA.COMBakal calon presiden (Bacapres) Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul dari bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam simulasi head to head. 

Dalam simulasi yang dilakukan Voxpopuli Research Center tersebut Prabowo mendapat dukungan publik dengan elektabilitas mencapai 52,3 persen, sedangkan Ganjar hanya 31,8 persen, dan sisanya 15,9 persen tidak tahu/tidak jawab.

"Prabowo unggul telak mengalahkan Ganjar, dalam simulasi dua nama capres head to head," kata Voxpopuli Research Center dalam keterangan tertulis, Jumat (15/9/2023).

Survei juga menyebutkan, Prabowo Subianto sebagai Bacapres favoriut versi Voxpopuli Research Center dengan elektabilitas mencapai 26,2 persen, Ganjar Pranowo dengan 24,3 persen dan Anies Baswedan dengan 16,1 perse

Baca juga: Golkar Soal Pertemuan Prabowo dan Ridwan Kamil : Untuk mencegah Ditarik PDIP

Dia juga mengungkapkan keunggulan Prabowo dibanding capres lain yaitu menjadi capres alternatif pilihan jika hanya ada tiga pasangan capres-cawapres yang maju di pilpres 2024.

Dari pencapaian elektabilitas pada simulasi banyak nama, Prabowo berhasil memperoleh hingga 10,6 persen. Dua figur pesaingnya, Ganjar mendapatkan tambahan 6,8 persen, sedangkan Anies 4,5 persen.

"Prabowo masih menjadi pilihan alternatif jika hanya terseduia tiga kandidat yang berlaga,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, penetapan nama Cawapres akan mendongrak Elektabilitas meskipun. Sejauh ini poros koalisi Prabowo dan Ganjar belum memutuskan siapa nama cawapres yang bakal mendampingi masing-masing.

Baca juga: Demorat Berharap Momen Mesra SBY dan Prabowo Bisa berlanjut

"Penentuan cawapres berpotensi mengungkit elektabilitas, tetapi figur capres menjadi yang paling menentukan sebagai modal awal dukungan," kata dia.

Survei Voxpopuli Research Center melakukan survei kepada 1200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Survey yang dilakukan pada 1-7 September 2023 itu, dengan of error survei sebesar 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.