Helo Indonesia

Hasil Survei, Perindo Termasuk Terpopuler dan Didominasi Gen Z dan Milenial, untuk Lolos ke DPR Masih Harus Kerja Keras

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Sabtu, 26 Agustus 2023 05:12
    Bagikan  
Hary Tanoesoedibjo
X . @PartaiPerindo

Hary Tanoesoedibjo - Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo saat di Kupang, Jumat 25 Agustus 2023. (Foto: X . @PartaiPerindo)

HELOINDONESIA.COM -Menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024, semua parpol pasti bersolek dan konsolidasi dari pusat hingga pelosok-pelosok daerah. Ada yang serangan darat dengan menebar bantuan sembako dan fasilitas, ada pula yang serangan udara dengan sosialisasi via mendsos hingga televisi.

Bahkan ada yang sudah sosialisasi pol-polan, seperti Perindo yang tiap hari muncul di televisi grup MNC. Di grup itu ada empat stasiun tv semua memberi kesempatan untuk sosialisasi Perindo. Di tv terlihat bos Perindo Hary Tanoessudibjo sering memberikan bantuan.

Keluarga Hary Tanoe juga sering melakukan hal serupa, baik istri maupun anaknya. Itu yang terlihat di televisi dari grup MNC, ada empat stasiun televisi.

Dengan kerja keras itu, seperti apa hasilnya? Mampukan tampilan mereka memikat calon pemilih? Bisakan lolos  ke Senayan? Maksudnya bisa menjadikan parpol yang mumpuni untuk duduk di DPR dengan lelos parliamentary threshold (ambang batas parlemen) 4 persen?

Baca juga: Surya Paloh Respon Hasil Survei Anies Selalu Berada di Urutan Buncit

Hasil survei mutakhir yang dikeluatkan Litbang Kompas, memberi gambaran posisi berbagai parpol , kini ada 18 parpol yang akan ikut Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Untuk Perindo, dengan kerja kerasnya termasuk parpol polpuler, berada di peringkat 7, dengan 76 persen. Namun, untuk elektabilitas tertinggi di antara parpol baru, yakni 3,4 persen, sedangkan partai-partai baru lai nnya di bawah 1 persen.

Dengan elektabilitas atau keterpilihan 3,4 persen, berarti Parti Perindo untuk lolos ke DPR masih harus kerja keras. Sebab parliamentary threshold (atau ambang batas perlemen) minimal 4 persen.

Baca juga: Studi: Perubahan Iklim Berdampak Pada Peningkatan Jumlah Penderita Diabetes di Seluruh Dunia

Survei Litbang Kompas juga menyatakan, Partai Perindo sebagai partai dengan proporsi pemilih nomor 1 Gen Z dan milenial. Dan hal itu langsung diunggah akun @Partai Perindo di X (Twitter)

“Sah! Partai Anak Muda, Survei Litbang Kompas: Proporsi Pemilih Partai Perindo Nomor 1 Gen Z dan Milenial,” tulis akun partai itu,

Ditambahkan, Litbang Kompas merilis hasil survei: Proporsi Generasi di Tiap Partai. Hasilnya, pemilih Partai Perindo didominasi Gen Z dan Milenial.

Baca juga: KPK Temukan Penggelembungan Harga di Sektor Kesehatan, Kemenkes: 90 Persen Pengadaan Lewat e-Katalog

“Partai Perindo memiliki proporsi no 1, paling tinggi untuk Gen Z dan Milenial. Proporsi ini jauh melampaui partai-partai lainnya,” tandasnya

Dijelaskan juga bahwa survei periodik melalui wawancara tatap muka diselenggarakan Litbang Kompas pada 27 Juli-7 Agustus 2023. Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Survei menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, _margin of error_ penelitian = 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. (**)