Helo Indonesia

BEM UI Tantang Tiga Bakal Capres Debat di Kampus, Begini Respon KPU

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Jumat, 25 Agustus 2023 16:37
    Bagikan  
Ketua KPU Hasyim Ashari
Foto : Ist

Ketua KPU Hasyim Ashari - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari menyampaikan jika saat ini tiga tokoh yang disebut bakal menjadi capres 2024 masih menjadi warga negara biasa. 

Sehingga ketiganya yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto masih bebas bertemu dengan seluruh elemen dalam forum apapun.

Pernyataan Hasyim tersebut terkait adanya undangan yang disampaikan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) kepada ketiga  calon presiden mulai dari Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, untuk melakukan debat.

"Sekarang masih bulan Agustus 2023. Jangankan jadi calon, sebagai bakal calon presiden saja belum,” ujar Hasyim seperti dikutip Jumat (25/8/2023).

Baca juga: Gibran Kaget Masuk Daftar 7 Nama Cawapres Ganjar : Saya Nggak Diberitahu

Dengan demikian, Hasyim mempersilahkan kepada pihak kampus untuk menggelar kegiatan debat kandidat calon presiden (capres) 2024.

Dia memastikan kegiatan tersebut tidak masuk dalam hal yang diatur dan melanggar. Pasalnya saat ini belum masuk dalam tahapan pemilu. "Saat ini belum masuk tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024," ujarnya.

Seseorang disebut sebagai bakal calon bila orang itu didaftarkan oleh parpol ke KPU, dan seseorang disebut sebagai calon pada saat dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan ditetapkan calon tetap sbg pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Baca juga: Kampanye di Sekolah Diperbolehkan, Bawaslu Diminta Awasi Ketat

Sebagai informasi, tantangan debat capres mendapat tanggapan berbeda. Anies Baswedan menjadi yang pertama merespons tantangan itu.

Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu menyanggupi tantangan dan menanyakan waktunya. "Yuk, kapan," tulis Anies melalui akun Twitter resmi.

Sementara capres dari PDIP Ganjar Pranowo meminta untuk bersabar tidak langsung menggelar debat. Kata dia, saat ini, tahapan Pemilu belum dimulai. "Debat opo? Sabar, wong belum apa-apa kok debat, sabar," ujar Ganjar di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa (22/8).

Adapun capres koalisi KIR atau Koalisi Indonesia Raya Prabowo Subianto belum merespon tantangan debat tersebut. Tanggapan baru disampaikan sejumlah elit parpol pengusung Ketum Gerindra itu.