Helo Indonesia

Demokrat Sambut Baik Rencana Anies Deklarasi Cawapres Pada 18 Agustus

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Selasa, 15 Agustus 2023 23:15
    Bagikan  
Anies Baswedan
tangkapan layar

Anies Baswedan - Anies Baswedan, bakal capres dari Koalisi Perubahan dan Perbaikan.

HELOINDONESIA.COM - Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dikabarkan akan deklarasi cawapres pada 18 Agustus 2023 nanti. 

Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan, Partainya menyambut baik rencana tersebut. "Ya kalau kami, kalau itu benar terjadi ya kita menyambut baiklah itu," kata Herzaky saat dikonfirmasi, Selasa (15/8).

Namun Herzaky mengaku Dmokrat menyerahkan kewenangan kepada Anies untuk menentukan keputusan siapa sosok pendampingnya sebagai cawapres. 

"Tapi bagaimana pun itu kan ranahnya Mas bacapres ya Mas Anies, ya kita tunggu aja informasi dari Mas Anies, kapan dan siapa yang beliau akan deklarasikan cawapresnya," kata dia, saat dikonfirmasi, Selasa (15/8).

Baca juga: Diduga Kocok Bekem, Gapeknas Akan Laporkan Tender Proyek Waykanan

Herzaky menilai, jika deklarasi cawapres yang dilakukan oleh Anies, dudah dinantikan masyarakat. Kata dia, sosok cawapres yang dipilih nanti dipastikan merupakan yang terbaik dari seluruh kandidat yang ada.

"Yang pasti kita ingin yang terbaiklah buat rakyat karena kan masyarakat sudah sangat menginginkan ada deklarasi sebenarnya agar bisa istilahnya segera ada konsolidasi," ujarnya.

Namun soal agenda pengumuman cawapres akan dideklarasikan pada 18 Agustus, Herzaky menyerahkan mandat langsung ke Anies untuk menentukan kapan akan mengumumkan nama pendampingnya.

Baca juga: Pemkab Tubaba Gelar Jalan Sehat dan Senam Bersama

"Ya kita kalau misalnya bener ada ya itu ya kita menyambut baik, tapi bagaimana pun urusan tanggal dan cawapres kita sudah memberikan mandat ke capres," imbuh

Sebelumnya Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendesak agar Koalisi Perubahan segera mendeklarasikan bakal cawapres Anies Baswedan di Pemilu 2024 mendatang.

“Kami sepakat bahwa perlu segera karena kami juga ingin lebih cepat membangun sinergi dan kolaborasi yang lebih terintegrasi secara utuh dari tingkat atas sampai dengan akar rumput,” kata AHY