Helo Indonesia

Gelora: Prabowo Figur Paling Peduli Soal Ancaman Pertahanan dan Keamanan Negara

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Selasa, 1 Agustus 2023 15:58
    Bagikan  
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan
Ist

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan - Tiga bakal capres, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan. (Foto: ist)

HELOINDONESIA.COM - Ada tiga bakal capres kalau merujuk yang berkembang saat ini. Ketiganya adalah, secara urut abjad, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Ketiga bakal capres itu memiliki pengalaman beragam, dua pertama pengalaman menjadi gubernur, satu lainnya, yakni Prabowo berkarir di militer, serta menjadi ketua umum parpol.

Partai Gelora mencoba mengkaji ketiganya dari sisi pertahanan dan keamanan negara Republik Indonesia. 

Dari hasil penelusuran percakapan di media sosial, diperoleh data bahwa warganet menilai figur capres Prabowo Subianto paling memiliki kepedulian terhadap pertahanan dan keamanan negara Indonesia, dibandingkan dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Baca juga: Jauhi Asap Rokok, Berikut 10 Langkah untuk Meminimalisir Risiko Terkena Kanker Paru-paru

Prabowo dianggap ide dan gagasan terhadap pertahanan Indonesia, isu pertahanan negara bukan hanya soal keamanan, melainkan juga terkait pangan, energi dan keuangan.

"Berdasarkan percakapan digital warganet  banyak menganggap figur Prabowo Subianto memiliki keterkaitan kuat  terhadap isu pertahanan dan keamanan," kata Endy Kurniawan, Ketua Bidang Rekuitmen Anggota DPN Partai Gelora Indonesia, Selasa (1 Agustus 2023.

Hal itu disampaikan Endy saat menyampaikan hasil riset digital Gelora Petamaya bekerja sama dengan Lembaga Riset Digital Cakradata dengan tema 'Menyongsong Pemilu dan Pilpres 2024 Isu Pertahanan & Keamanan'.

Baca juga: Masyarakat Diingatkan Untuk Kibarkan Bendera Merah Putih Selama Bulan Agustus 2023

Dalam pengambilan data yang dilakukan pada 1 Januari-26 Juli 2023, itu terungkap bahwa percakapan warganet terhadap persepsi bakal calon presiden mengenai isu pertahanan dan keamanan, Prabowo menempati posisi teratas, diikuti Ganjar dan Anies.

"Prabowo Subianto paling banyak dibicarakan, percakapannya mencapai 9.254 percakapan. Kemudian Ganjar Pranowo 866 percakapan dan Anies Baswedan 455 percakapan," jelasnya.

Atas dasar hal itu, warganet beranggapan bahwa gaya kepemimpinan Prabowo Subianto dianggap dapat menjadi kandidat Presiden yang sesuai untuk mengatasi isu terkait pertahanan dan keamanan.

Baca juga: Skenario Dua Pasang Capres-cawapres, dan Pilpres 2014 yang Diikuti Anies Baswedan

"Prabowo bisa memberikan perasaan aman dan kepastian tentang masa depan Indonesia. Karena ketika bicara ancaman pertahanan dan keamanan itu juga terkait pangan, energi dan keuangan," ujarnya.

Prabowo juga dinilai sebagai figur yang paling mampu dalam menjaga maritim Indonesia dari ancaman situasi geopolitik di kawasan Asia Pasifik dari potensi konflik antara Amerika Serikat dan China yang bisa berdampak langsung pada Indonesia.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengatakan, Indonesia memerlukan capres  yang memiliki wawasan geopolitik dan dan diperhitungkan secara geopolitik.

"Artinya jika seseorang diperhitungkan secara gopolitik, maka orang itu akan dipercaya untuk mengamankan kawasan kita ini. Kalau dia memimpin Indonesia, dia akan  punya posisi gepolitik yang lebih kuat," kata Fahri Hamzah. (*)

(Winoto Anung)