Helo Indonesia

Bahas Penjajakan Koalisi, PDIP dan Golkar Sepakat Bentuk Tim Teknis

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Kamis, 27 Juli 2023 23:20
    Bagikan  
Puan Maharani
tangkapan layar

Puan Maharani - Puan Maharani , Ketua DPP PDIP saat membacakan rekomendasi Rakernas III PDIP, 8 Juni. (Foto: tangkapan layar)

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, menggelar pertemuan di rumah Airlangga di Jalan Tirtayasa, Jakarta pada Kamis 27 Juli 2023.

Pada pertemuan tersebut Partai Golkar dan PDIP membahas wacana koalisi kedua partai dalam Pilpres 2024. Untuk itu, kedua parpol menyepakati membentuk tim teknis yang akan membahas lebih intensif soal politik pada tahun 2024.

Salah satunya yang akan dibahas, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan soal kondisi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"KIB sangat cair, di PDIP sudah ada PPP, kemudian masih ada PAN, kita akan lihat secara keseluruhan," kata dia kepada awak media.

Baca juga: Babe Haekal Dukung Politik Jalan Tengah Prabowo, Karena untuk Satukan Bangsa yang Terpolarisasi

Namun Airlangga Hartarto belum memastikan apakah KIB akan berputar haluan ke PDIP untuk mendukung Ganjar Pranowo. Kata Airlangga, hal ktu akan menjadi pembahasan ke depan. "Kita akan lihat ke depan, pembahasan masih akan dilakukan oleh tim teknis terutama terkait hal-hal teknis," ucapnya.

Sementara Puan Maharani mengatakan, tim teknis ini akan menjadi wadah untuk menyampaikan teekait keinginan apapun. Sehingga dia berharap tim teknis dapat secara rutin menggelar pertemuan dan membahas semua hal teknis. 

"Terutama dalam rangka menguatkan wacana kerja sama politik kedua partai," ujarnya.

Baca juga: Meski Junior, Tim Atlet Criket Putra Lampung Selangkah Rebut Emas PON 2024

PDIP bersama koalisi PPP, Hanura dan Perindo resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

Sementara Golkar hingga saat ini masih bertahan dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP dan PAN. Namun, belakangan PPP telah bergabung dengan koalisi PDIP mengusung Ganjar.