Helo Indonesia

Pengamat Bicara Peluang Susi Pudjiastuti Menjadi Cawapres Anies

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Kamis, 27 Juli 2023 15:27
    Bagikan  
Anies Baswedan
Twitter / @aniesbaswedan

Anies Baswedan - Anies Baswedan diajak Bu Susi Pudjiastuti ke Tempat Pelelangan Ikan di Pantai Pangandaran. (Foto: Twitter / @aniesbaswedan)

HELOINDONESIA.COM - Calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pemiliham Umum (Pemilu) 2024 mendatang hingga kini belum juga dideklarasikan ke publik. Sejumlah nama tokoh mencuat ke publik disebut-sebut bakal menjadi cawapres Anies, salah satunya Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti.

Menurur Pengamat Politik Universitas Indonesia Cecep Hidayat, elektabilitas Anies berada di posisi paling buncit dibandingkan dengan calon lain baik Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Karena itu, dia menilai, Anies tengah mempertimbangkan sejumlah nama untuk menjadi pasangannya. Anies kata dia, akan mengambil pasangan yang punya kekuatan elektoral.

"Dari sejumlah survei-survei belakangan ini kan elektabikitas Anies berada di nomor 3 dibandingkan capres lainnya. Tentu Anies harus mensiasati ini dengan mencari pendamping yang bisa menyeimbangkan dari sisi elektoral," kata Cecep saat dihubungi di Jakarta, Kamis 27 Juli 2023.

Baca juga: KONI Gelar DRM untuk Porprov, Jatmiko: Setelah Ini Tak Ada Lagi yang Bahas Keabsahan Atlet

Karena itu Cecep memperkirakan dengan kuasa di tangan yang diserahkan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) kepada Anies, bisa saja ia akan memilih Susi jadi wakilnya pada pertarungan Pilpres nanti.

"Semua pintu kemungkinan masih terjadi buat Anies, untuk Anies itu, semua pintu kemungkinan, termasuk pintu kemungkinan cawapres. Karena kan biar bagaiman pun Nasdem, PKS dan juga Demokrat itu menyerahkan urusan wapres ke Anies," tambahnya.

Menurut Cecep, eks Gubernur DKI Jakarta itu perlu mencari tokoh yang bisa mendongkrak popularitas Anies untuk menghadapi Pilpres. Adapun sosok Susi sudah cukup familiar di masyarakat sebagai sosok yang cukup pemberani. 

Baca juga: Ganjar Pranowo Perintahkan Sekolah Memutihkan Semua Tunggakan Siswa untuk Pembayaran Ijazah

Adapun teekait, pertemuan Anies dan Susi beberapa hari lalu, dia menambahkan hal itu bisa mendongkrak elektabilitas Anies. Sebab, momen tersebut menarik perhatian dan perbincangan publik.

"Minimal dia bisa merebut mendulang suara lah yah di kelompok-kelompok yang teropsesi dengan Susi, sosok yang pemberani dan seterusnya yah. Susi kan sosok pemberani yang menenggelamkan kapal-kapal," tutupnya.