Helo Indonesia

Gelar Pertemuan, Pengamat: Jokowi Menakar Potensi Prabowo dan Erick Thohir Berpasangan di Pilpres 2024

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Minggu, 23 Juli 2023 22:33
    Bagikan  
Presiden Jokowi dan Erick Thohir
Channel Youtube Sekretariat Negara

Presiden Jokowi dan Erick Thohir - Presiden Jokowi memberikan keterangan usai laga Timnas Indonesia vs Argentina di Stadiom Utama GBK, Senin malam, 19 juni. (Foto: tangkapan layar).

HELOINDONESIA.COM - Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu menuai beragam tanggapan.

Pengamat politik Jerry Massie menilai, agenda pertemuan tersebut untuk urusan politik. Bukan hanya sekedar memanggil dua Menteri kabinetnya.

Dia menilai, Jokowi yang kerap menjadi king maker, bermaksud untuk menyatukan Prabowo Subianto dan Erick Thohir 

"Bisa saja akan disatukan Jokowi sebagai king maker. Pertemuan ini bukan hanya sebatas membahas pekerjaan namun mempunyai arti politik," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies ini di Jakarta, Minggu (23/7).

Baca juga: Puan Sebut Kandidat Cawapres Ganjar Mengerucut Sisa Lima Nama, Siapa Saja?

Jerry berpendapat bahwa pertemuan tersebut merupakan upaya Jokowi untuk meningkatkan progres koalisi Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang selama ini mengambang.

Sehingga, imbuh dia, Prabowo dengan Erick sengaja dipertemukan untuk menakar potensi berpasangan di pemilihan presiden.

"Sehingga Jokowi mempertemukan Prabowo dengan Erick untuk membicarakan potensi berpasangan di pemilihan presiden (pilpres)," ungkap dia.

Baca juga: Puan Sebut Kandidat Cawapres Ganjar Mengerucut Sisa Lima Nama, Siapa Saja?

Sementara itu, Jerry menilai Prabowo masih mempertimbangkan peluang kemenangan bila berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Segala kelebihan dan kekurangan skenario itu belum menemukan hasil sehingga nasib KKIR (Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya) tengah mengambang," papar Jerry.

Dia menyarankan agar Prabowo Subianto nelihat banyaknya massa PKB saat ini. Kata dia, sebagai Ketua Umum PKB, peran Cak Imin tidan bisa dianggap sepele.

Baca juga: Desas-desus Duit Wadas Rp 11 Miliar Ganjar Pranowo, Gempadewa Konsisten Tolak Tambang

"Jangan meremehkan strategi Cak Imin yang berperan penting mewakili kelompok NU (Nahdlatul Ulama)," ucap dia.

Sebelumnya, Jokowi mengundang Prabowo dan Erick makan bersama di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Minggu sore, 16 Juli 2023.

Pertemuan lalu di unggah dab disebar oleh Prabowo melalui akun Instagramnya @prabowo.