bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Polemik Cawe-cawe Jokowi, Bawaslu Ingatkan Pejabat Tak Gunakan Fasilitas Negara Untuk Kampanye

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Kamis, 22 Juni 2023 14:41
    Bagikan  
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja
Foto : Ist

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI buka suara terkait polemik Presiden Jokowi akan cawe-cawe di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengaku, tidak mempermasalahkan Jokowi akan cawe-cawe di Pemilu mengjngat Presiden juga merupakan kader parpol.

“Enggak terlalu masalah cawe-cawe, menurut kami enggak terlalu (masalah),” kata Rahmat kepada wartawan di Kantor Bawaslu RI, Rabu (21/6/2023).

Rahmat menyebutkan bahwa dalam ketentuan hukuim tidak ada yang mengatur soal cawe-cawe ini. 

Baca juga: Loh, di Museum SBY di Pacitan Ada Foto Moeldoko, Diprotes Kader Demokrat Ini Jawaban SBY

Terlebih mengenai cawe-cawe memang sulit dipisahkan dari figur seorang presiden. Sebab, Presiden acap kali diundang oleh partai politik untuk menghadiri cara atau kegiatan partai politik.

“Ini agak sulit dipisahkan dari presiden, yang bisa dipisahkan misalnya dia ke acara partai, boleh-boleh saja enggak ada masalah,” ucapnya.

Terkait dengan istilah cawe-cawe ini, Bagja menyadari banyak muncul persepsi yang berbeda. Namun, hal itu tergantung dari persepsi dari seorang-seorang dalam menanggapi hal tersebut.

"Kalau buat cawe-cawe, saya kira semua itu punya preferensi,” imbuhnya.

Baca juga: Innalillahi, Komplikasi Penyakit, Pria Obesitas 330 Kg Asal Karang Tengah Kota Tangerang Meninggal Dunia

Kendati begitu, Bawaslu mengingatkan kepada seluruh pejabat khusunya yang berasal dari partai politik untuk tidak menggunakan fasilitas saat melakukan kampanye.

“Beliau (Jokowi) Kepala Negara, juga anggota parpol, Pak Jokowi-nya anggota parpol, boleh-boleh saja (cawe-cawae), tinggal tempatnya dinmana dan bagaimana,” ujarnya.