Helo Indonesia

Pengamat Ini Ragu Prabowo Akan Ikuti Garis Politik Presiden Jokowi, Pemilihnya  Galau

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Sabtu, 27 Mei 2023 00:00
    Bagikan  
Prabowo dan Ganjar Pranowo
Facebook/ Prabowo Subianto

Prabowo dan Ganjar Pranowo - Prabowo dan Ganjar Pranowo saat panen raya di Kebumen beberapa waktu lalu.

HELOINDONESIA.COM - Pengamat politik Boni Hargens ragu Prabowo Subianto akan mengikuti garis politik Presiden Jokowi. Ini yang membuat para relawan dan pemilih Jokowi galau menentukan pilihan untuk Pilpres 2024 mendatang.

"Tetapi apakah betul Pak Prabowo akan seperti Pak Jokowi kalau memimpin? Tanda tanya besar bagi kami dari Lembaga Pemilih Indonesia,” kata Boni.

Boni Hargens mengungkapkan, pemilih Presiden Jokowi sedang dalam fase galau menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Sebab, sejauh ini belum menemukan figur-figur bakal calon presiden (bacapres) 2024 yang bisa melanjutkan Presiden Jokowi.

 "Jadi mereka tidak ingin ditinggal Pak Jokowi lah. Di saat yang sama mereka belum punya referensi untuk memilih siapa yang terbaik, siapa yang akan bisa melanjutkan kesinambungan pembangunan," kata Boni dalam diskusi bertajuk di Jakarta, Jumat 26 Mei.

Baca juga: Sidang Cerai, Shandy Aulia Tak Perebutkan Hak Asuh Anak dan Harta Gono-gini

Boni mengungkapkan, pemilih Jokowi menginginkan agar pemimpin bangsa selanjutnya bisa merawat spirit pemerintahan saat ini, yang dipimpin Presiden Jokowi. ‘

Menurutnya, pemilih galau tersebut merupakan penyumbang suara terbesar dalam survei Litbang Kompas terkait kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi 70 persen.

"Nah saya curiga pemilih kategori galau ini yang banyak menyumbang juga suara ke survei itu," ujar Boni.

Boni pun mengingatkan, masyarakat agar menutup ruang bagi bacapres atau elite yang memainkan politik identitas. Ia tak menginginkan, pesta demokrasi diramaikan dengan kampanye politik identitas.

Baca juga: Indonesia Undang Wisatawan Saudi untuk Jelajahi Tujuan Wisata di Luar Bali

Lantas, Boni pun menyinggung tiga sosok bakal capres terkuat saat ini, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Menurut Boni, dari ketiganya, Ganjar Pranowo secara politik mendekati karakteristik Jokowi.

"Pak Ganjar dari garis politik iya, dari aspek perspektif lumayan tapi dari aspek pembuktian perspektif itu, belum karena waktu mungkin belum," kata Boni. (*)

(Winoto Anung)