Helo Indonesia

Bupati Dico Kantongi Bukti ASN Terlibat Kegiatan Politik

Kamis, 25 Januari 2024 17:04
    Bagikan  
Bupati Dico Kantongi Bukti ASN Terlibat Kegiatan Politik

Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat Rakor Cipta Kondisi dalam rangka netralitas ASN menuju Pemilu. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyebut masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dinilai tidak netral. Hal tersebut dikatakan Dico pada Rapat Koordinasi Cipta Kondisi dalam rangka netralitas ASN menuju Pemilu tahun 2024 yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Kamis, 25 Januari 2024.

"Sesungguhnya di negara kita ini yang netral betul-betul itu hanya TNI-Polri, karena tidak memiliki hak pilih. Sedangkan ASN masih memiliki hak pilih, masih bisa milih jadi tidak mungkin netral," ujarnya.

Baca juga: Siapkan Akreditasi Unggul, USM Gelar Workshop Penyusunan ISO 21001:2018

Bahkan Dico menyebut, dirinya mempunyai bukti jika masih banyak ASN yang tidak netral dan terlibat dalam proses kontestasi Pemilu 2024.

"Ada informasi, saya sudah melihat, ada buktinya juga, ada ASN yang terlibat kegiatan-kegiatan politik. Kita dalami dulu, kalau memang ada yang melanggar aturan ya akan segera kita tindaklanjuti," beber Dico.

Ia menyatakan, akan ada sanksi jika ASN terbukti melanggar dan ikut terlibat pada kampanye paslon maupun caleg tertentu pada Pemilu 2024 mendatang.

"Sanksinya ada sanksi disiplin, nanti kita lihat sesuai aturan yang berlaku. Kalau teman-teman ada bukti monggo bisa dilaporkan kepada saya, nanti kita tindaklanjuti," tegasnya.

Baca juga: Seru, Anggota Matepala UPGRIS Adakan Pengabdian Masyarakat di Lereng Lawu

Dico mengimbau, seluruh ASN di Kabupaten Kendal agar dapat menjaga profesionalitas dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik maupun kampanye partai politik, maupun calon dan lain sebagainya.

"Kita harus menunjukkan kepada masyarakat untuk mendapatkan kepercayaan publik bahwa ASN ini ya bekerja secara profesional dan netral," pungkas Bupati Dico. (Anik)