Helo Indonesia

Ratusan Masyarakat Pesawaran Dilibatkan Pelipatan Surat Suara Pemilu dan Pilpres

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Senin, 8 Januari 2024 18:17
    Bagikan  
Ratusan Masyarakat Pesawaran Dilibatkan Pelipatan Surat Suara Pemilu dan Pilpres

Ratusan masyarakat Kabupaten Pesawaran dilibatkan dalam pelipatan surat suara Pemilu dan Pilpres 2024/Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran melibatkan ratusan masyarakat dalam melakukam pelipatan surat suara untuk Pemilu dan Pilpres 2024.

Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino mengatakan, dengan diterimanya seluruh surat suara baik itu DPRD Kabupaten, Provinsi, RI, DPD dan juga surat suara Pilpres.

“Sudah kita terima semua surat suaranya, dan pada Sabtu (6/1/2024) kemarin kita sudah mulai melakukan pelipatan surat suara di Gudang KPU,” kata Yatin, Senin (8/1/2024).

Baca juga: 8.054 Pelanggan Listrik Belum Bayar Tagihan ke PLN Lampung Timur

Dikatakan, pada pelipatan surat suara ini, pihaknya melibatkan sekitar 230 masyarakat Kabupaten Pesawaran, khususnya masyarakat yang berada di daerah sekitar gudang KPU.

“Iya, selain melipat para relawan ini juga menyortir surat suara yang kita terima, apakah ada yang rusak atau robek, nantinya surat suara yang rusak ini akan dipisahkan, untuk kita laporkan ke pusat,” ujarnya.

Menurutnya, ribuan surat suara yang pihaknya terima diperkirakan akan rampung di sortir dan di lipat, kurang lebih 10 hari kedepan.

Baca juga: Kapolresta Balam Kombes Pol Abdul Waras Pesan agar Jajaran Netralitas pada Pemilu 2024

“Perkiraan 10 hari selesai ya, karena relawannya kan banyak juga, diharapkan nantinya surat suara yang kita terima tidak banyak yang mengalami kerusakan, dan nanti tidak ada surat suara rusak yang di distribusikan,” kata dia.

“Kalau sampai saat ini, kita belum mendata berapa jumlah surat suara yang rusak, biasanya nanti pas di akhir kita rekap semua berapa jumlah surat suara rusak, baik itu DPRD Kabupaten, Provinsi, Pusat ataupun DPD dan Capres,” pungkasnya. (Rama)