Helo Indonesia

Disikat Ganjar Soal Alutsista dan MEF, Prabowo Mati Kutu Buat Bela Diri, Momen Counter Argument pun Hilang

M. Haikal - Nasional -> Politik
Minggu, 7 Januari 2024 23:08
    Bagikan  
Debat Capres,
Foto: tangkapan layar

Debat Capres, - Pasangan Capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menggunakan outfit Top Gun saat debat pada Minggu (7/1/2024) malam.

HELOINDONESIA.COM - Pertahanan dan alutsista menjadi salah satu tema utama dalam debat capres yang paling ditunggu-tunggu publik pada Minggu (7/1/2024).

Capres Prabowo Subianto sebelumnya diprediksi bakal unggul dari capres Anies Baswedan dan Capres Ganjar Pranowo. Apalagi, Prabowo masih menjabat sebagai menteri pertahanan di kabinet Jokowi.

Namun terjadi sebaliknya, Prabowo keburu terpancing tensi emosinya dengan saling sindir, saling tuding dengan capres Anies Baswedan.

Alhasil, kesempatan tersebut dimanfaatkan Ganjar Pranowo yang memang bersikap lebih tenang ketimbang kedua Paslon lainnya.

Baca juga: Gak Sia-sia Pakai Outfit Top Gun, Konsep Ganjar Soal Alutsista Dipuji Pakar Militer X Berfollower Ratusan Ribu

Pengamat militer dan alutsista dengan akun X (at) RandomWorldWar memuji performa capres Ganjar Pranowo dalam debat capres Minggu malam ini, terutama soal pertahanan.

"Yang kemarin saran-saran kalian, ternyata benar-benar dicatat oleh (at)ganjarpranowo dan dibuktikan dengan peformanya yang cukup oke malam ini," demikian thread yang dibuat akun X (at) RandomWorldWar pada Minggu (7/1/2024) malam.

Dia juga mengulas soal aksi Anies Baswedan yang benar-benar menguji Prabowo sampai ada di batasnya.

"Strategi yang menarik untuk dijalankan, dan sepertinya cukup ampuh untuk membuat Prabowo "panas"," utas (at) RandomWorldWar.

Baca juga: Begini Tensi Prabowo Saat Diserang Anies Kepemilikan 320 Ribu Hektar Lahan Pribadi

Dia menilai, informasi atau insight tambahan juga oleh timses (at)ganjarpranowo dan terbukti.

"Secara umum penyampaiannya sudah cukup bagus," tambahnya.

Namun demikian, dia juga mengatakan adanya ketidaksetujuan Ganjar yang mengatakan bahwa Minimum Essential Force (MEF) atau kekuatan pokok minimum jadi tanggung jawab Prabowo.

Padahal, MEF itu diurus oleh Menhan berinisial RR yang membuat acak-acakan, ditambah dengan terjadinya pandemi Covid-19.

Baca juga: Debat Seru, Prabowo Terkesan Rangkul Ganjar Bersekutu Lawan Serangan Anies

Meski demikian, soal MEF ini dinilai membuat Prabowo mati kutu.

"Lagi-lagi membuat Prabowo tidak bisa melakukan counter assumption/argument secara tepat perihal itu, kehilangan momennya untuk bisa "membela diri"," tambahnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo dan pasangannya Mahfud MD saat hadir di debat bikin kejutan dengan menggunakan outfit Top Gun, berbeda dengan dua Paslon lainnya.

Statement Ganjar soal pertahanan mendapat pujian dari pakar pertahanan dan alutsista media sosial X (at)RandomWorldWar.

Akun medsos itu cukup aktif membahas berbagai alutsista konvensional perang dunia pertama, kedua dan persenjataan moderen di perang Rusia-Ukraina dan perang Israel-Gaza.

Baca juga: Disinggung Anies Anggaran Kemhan 700 T, Prajurit Tak Punya Rumah, Prabowo Tampak Kesal & Berkacak Pinggang

Menurut (at)RandomWorldWar dalam debat itu Ganjar secara cukup mengejutkan.

Dia juga dinilai berhasil menyampaikan poin-poinnya secara cukup baik, terutama perihal kesadaran keamanan siber, masalah MEF yang belum terpenuhi, anggaran pertahanan yang harus dinaikkan setidaknya 1% - 2%, prioritas alutsista untuk angkatan laut.

MEF atau Minimum Essential Force merupakan kekuatan pokok minimum atau lebih dikenal dengan sebutan merupakan proses untuk modernisasi alat utama sistem pertahanan Indonesia. 

Sejak dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2007 lalu pada saat mantan Menhan Prof. Dr. Juwono Sudarsono, S.H. 

Baca juga: 3 Resep Menu Makan Malam Sederhana untuk Diet Sehat

Menurut (at)RandomWorldwar soal pertahanan laut, dengan dasar Indonesia ini adalah negara maritim yang sangat besar, dan mendapatkan "testimoni" langsung dari user mengenai alutsista bekas yang "dilimpahkan" ke mereka.

"Semuanya bagus dan disampaikan dengan tepat oleh Ganjar Pranowo. Pertahankan pak, dan wujudkan semua itu jika kalian berhasil menang," utasnya.