Helo Indonesia

Debat Perdana Capres Dimulai Besok, Berikut Aturannya

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 11 Desember 2023 22:03
    Bagikan  
Ilustrasi Logo KPU
Foto : Tangkapan Layar

Ilustrasi Logo KPU - (Heloindonesia)

HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menyelenggarakan debat pertama capres untuk Pilpres 2024 besok Selasa 12 Desember 2023. Debat akan berlangsung di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Debat pertama capres direncanakan berlangsung selama 120 menit. KPU juga telah menetapkan 11 nama panelis untuk debat capres-cawapres.

Nama-nama tersebut sebagaimana dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU Republik Indonesia. 

"Jadi yang jelas, tentu setelah kesediaan itu, KPU menetapkan penetapan, membuat SK bahwa nama-nama panelis ini-ini. Kemudian mereka juga akan menandatangani pakta integritas karena inikan ada beberapa quote of conduct yang harus disepakati dan termasuk penetapan atau SK untuk moderator," kata Komisioner KPU RI August Mellaz di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, dikutip, Senin 11 Desember 2023..

sebelumnya KPU juga telah menetapkan dua nama yang akan jadi moderator untuk memandu jalannya debat. Mereka adalah Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Baca juga: Kredibilitas Dipertaruhkan, Panelis Debat Capres-Cawapres Diingatkan Jaga Netralitas

"Kita juga sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama capres-cawapres, yaitu Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel," kata 

Perlu diketahui, Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel dikenal sebagaai News Anchor atau Pembawa Acara Berita di TVRI Nasional.

Sebagai informasi, debat Pilpres 2024 akan digelar dengan format 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres. Debat perdana merupakan debar untuk para capres.

Adapun tema debat perdana capres itu yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Untuk diketahui, debat capres-cawapres sudah tertuang pada Pasal 50 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024, debat capres-cawapres 2024 dilaksanakan dengan format:

3 (tiga) kali untuk calon Presiden; dan

2 (dua) kali untuk calon Wakil Presiden