Helo Indonesia

Ketua Komisi 4 DPR RI Sudin Bimtek Program I Care di Tanggamus

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Kamis, 7 Desember 2023 08:05
    Bagikan  
Ketua Komisi 4 DPR RI Sudin Bimtek Program I Care di Tanggamus

Sudin dan stakehokder bersama warga yang ikut Bimtek RHL Tahun 2023 (Foto Hadi/Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Ketua Komisi 4 DPR RI, Sudin, SE membawa kabar baik buat warga Kabupaten Tanggamus berupa Program I Care senilai 15.000 US dolar per tahun. Di Sumatera, Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) ini hanya di Kabupaten Tanggamus.

Di Indonesia, program bantuan Bank Dunia tersebut hanya ada di sembilan provinsi, katanya pada Kegiatan Sosialisasi Dan Bimbingan Teknis (Bimtek) RHL Tahun 2023 di Kecamatan Airnaningan, Rabu (6/12/2023).

undefined

Ketua DPRD Tanggmus Heri Agus Setiawan ikut menghadiri acara Bimtek tersebut (Foto Hadi/Helo)

Program yang meliputi pelestarian lahan seluas 239 ha dengan penanaman 47.800 bibit pukat, durian, pala, pinang dan cengkeh di enam kecamatan, yakni Cukuhbalak, Gisting, Kelumbayan Barat, Limau, Pugung, dan Pulaupanggung.

Baca juga: Kuota Haji 2024 Jateng Bertambah 3.000 Jemaah, Nana Dorong Pembangunan Embarkasi Baru

Kegiatan lainnya, UPSA seluas 10 ha dengan jumlah bibit tanaman 2000 batang di Kecamatan Gisting. Rencana tahun 2024 (indikatif) seluas 326,5 ha di Kecamatan Semaka, Ulubelu dan Bulok, dengan jumlah bibit tanaman kurang lebih 65.300 batang.

Pj Bupati Mulyadi Irsan dan masyarakat Kabupaten Tanggamus menyambut gembira atas perjuangan Sudin, SE dan Kementerian Pertanian sehingga daerahnya memperoleh program rehabilitasi hutan yang kelak berdampak pada kesejahteraan rakyat.

undefined

Sosialisasi dan Bimtek RHL (Foto Hadi/Helo)

Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek RHL dihadiri oleh BPDASHL Wayseputih Waysekampung Idi Bantara, Kepala Balai Besar TNBBS Lampung Ismanto, Ketua DPRD Heri Agustiawan, Ketua DOC PDIP Burhan, anggota Fraksi PDIP Joni Ansonet, Buyung Zainudin, ikhwani, dan Hasmal Yadi.

Baca juga: Timses Hadir di Acara Debat Capres-Cawapres Dibatasi Maksimal 50 Orang


Lainnya, Erna dari Kementerian Pertanian, Rahman dari Program I Care, Bhabinkamtibmas, Polsek Pulaupanggung, Polres Tanggamus, Babinsa Koramil Pulaupanggung, Kodim 0424 Tanggamus, Panwascam Airnaningan, Kepala Pekon Airnaningan Tri Sugianto beserta aparaturnya, dan 350 warga dari berbagai kelompok tani.

Sudin, SE mengajak masyarakat Kabupaten Tanggamus senantiasa melestarikan hutan. Dia memberikan pemahaman tentang dampak buruk atas ketidakpedulian masyarakat terhadap pelestarian alam.

Beberapa waktu lalu, di wilayah Indonesia hampir 4-5 bulan telah dilanda Elnino (kekeringan), hal itu merupakan salah satu dampak dari kurang peduli dan kurangnya perhatian terhadap pelestarian hutan.

Namun, menurut Sudin, masyarakat Tanggamus baik dan tahu menjaga alam, care terhadap lingkungan, maka dirinya bekerjasama dengan Kementrian Pertanian memberikan Program I Care kepada masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Baca juga: KPU Telah Tetapkan Debat Capres dan Cawapres, Berikut Jadwal dan Tema yang Diangkat


Di penghujung sambutannya, Ketua PDIP Lampung itu mengingatkan agar masyarakat Kabupaten Tanggamus turut serta dalam Pemilu 2024. "Jangan sampai tidak datang ke TPS dan gunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani ibu-ibu dan bapak-bapak," tutupnya.

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup menyampaikan selamat datang kepada Ketua Komisi 4 DPR RI Sudin, SE beserta rombongan. "Terimakasih karena terus peduli terhadap upaya kelestarian serta rehabilitasi hutan dan lahan di Kabupaten Tanggamus, khususnya di Kecamatan Airnaningan," katanya.

Bhabinkamtibmas mengapresiasi stakeholder seperti Balai Pengelolaan DASHL Wayseputih Waysekampung yang telah melakukan inovasi dan langkah konkrit sebagai antisipasi penanganan dampak yang akan timbul yaitu melalui program RHL yang dilaksanakan dalam kawasan hutan dan lahan milik masyarakat.

Baca juga: Berumur 15 Tahun Berdiri, Akhirnya Kabupaten Mesuji Raih Penghargaan PANRB


Melalui berbagai kegiatan turunannya seperti kebun bibit rakyat, konservasi tanah dan air yang dilaksanakan secara swakelola oleh KTH dan kelompok masyarakat lainnya. "Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada kementrian LHK melalui BPDAS dan Bapak Sudin, ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya," ujarnya.

Di tempat yang sama, warga Kecamatan Airnaningan yang saat itu mewakili kelompok taninya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sudin, SE dan rombongannya. "Terimakasih, ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap kami para petani di kecamatan Airnaningan," ucap Ustad Mahmud, warga Pekon Margomulyo.

Bimtek tersebut dimulai pukul 14.00 WIB lalu dilanjutkan dengan pembagian mesin alat pertanian, bibit alpukat, juga sembako. Acara yang dipandu oleh Mega Diana Zamzam berjalan dengan tertib dan kondusif. (Hadi Haryanto)