Helo Indonesia

Jelang Kampanye, Bawaslu Kendal Gelar Apel Siaga

Senin, 27 November 2023 20:54
    Bagikan  
Jelang Kampanye, Bawaslu Kendal Gelar Apel Siaga

Apel siaga yang digelar Bawaslu Kendal menjelang masa kampanye Pemilu

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal, Hevy Indah Oktaria meminta kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu 2024 di Kabupaten Kendal, agar tidak pernah takut dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas.

Hal tersebut disampaikan Hevy saat menjadi inspektur upacara pada Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024, di Stadion Utama Kebondalem, Kendal, Senin 27 November 2023.

Baca juga: Jelang Masa Kampanye, Wali Kota Semarang Pesan Komitmen Pemilu Damai

"Bapak-Ibu tidak sendirian. Kepercayaan masyarakat yang telah diberikan kepada kita menjadi kunci untuk membuahkan penyelenggaraan pemilu yang terpercaya," kata Ketua Bawaslu Kendal.

Hevy juga menyampaikan, bahwa Apel Siaga tersebut merupakan bentuk komitmen bersama Bawaslu Kabupaten Kendal, untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mewujudkan Pemilu aman dan damai.

Konsolidasi Internal

Dia  juga meminta seluruh pengawas tidak berhenti melakukan konsolidasi internal dan terus bangun komunikasi yang baik dengan pihak eksternal. Serta mengoptimalkan pencegahan dan mengidentifikasi permasalahan dan isu-isu tahapan kampanye pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya.

"Petakan potensi kerawanannya, jalin koordinasi dengan berbagai stakeholder. Lakukan pengawasan secara melekat, catat hasil pengawasan yang dilakukan Dan pastikan seluruh jajaran pengawas di wilayah bapak-ibu juga melakukan hal yang sama," tegas Hevy.

Baca juga: Kampanye Pemilu 2024 Dimulai Besok, Ketum PBNU: Masyarakat Jangan Diajak Ribut atau Bertengkar

Sementara Sekda Kendal, Sugiono saat membacakan sambutan Bupati Kendal mengingatkan, bahwa jajaran pengawas di kecamatan dan desa merupakan ujung tombak Bawaslu, yang memiliki tanggung jawab untuk menjamin pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Kendal dapat berlangsung secara demokratis sesuai asas luber jurdil.

"Dengan apel siaga hari ini menjadi ajang meningkatkan semangat persatuan. Dan menjadi langkah awal yang sukses menuju pemilu yang berintegritas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kendal," harapnya. (Anik)