Helo Indonesia

PWI-Bawaslu Pesawaran: Pers Berperan Sukseskan Pemilu 2024

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Senin, 23 Oktober 2023 14:24
    Bagikan  
PWI-Bawaslu Pesawaran: Pers Berperan Sukseskan Pemilu 2024

(Foto Helo Indonesia)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Pers berperan penting dalam menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, dengan cara menyebarkan informasi dan mengawasi pemilu.

Untuk itu insan pers terus berkomitmen dalam mengawal pemilu yang adil transparan, serta berintegritas melalui pemberitaan yang bertanggung jawab sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran, M Ismail mengatakan, pers sebagai pilar keempat demokrasi tentu juga punya tanggung jawab yang besar demi suksesnya Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Gerindra Pesawaran Siap-Siap Pertemuan Partai Koalisi

"Kami berkomitmen untuk turut serta dalam memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat luas melalui pemberitaan," kata Ismail, saat menjadi pemateri pada rapat koordinasi pengawasan pemilu bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran, di Hotel Kyriad, Sukadanaham, Bandarlampung, Senin (23/10/2023).

Menurutnya, pemberitaan media massa juga sangat penting dalam menjaga pemilu agar proses regenerasi kepemimpinan di lembaga eksekutif serta legislatif terselenggara dengan baik.

"Media massa juga dapat berperan sebagai penyampai informasi yang akurat, sekaligus penangkal berita hoax yang biasanya masif tersebar saat pemilu berlangsung," ujarnya.

Baca juga: Humanika Cium Aroma Kongkalikong Proyek RSPTM Unila

Sementara, Ketua Bawaslu Pesawaran Fatihunnajah mengatakan, gelaran rapat koordinasi yang dikemas dalam diskusi itu bertujuan untuk memperkuat peran pengawasan berbagai unsur yang ada di kabupaten setempat.

"Proses pengawasan pemilu memang mustahil jika hanya dilakukan oleh lembaga pengawas, karena itu kami juga meminta dukungan dari organisasi masyarakat, pemuda, pelajar serta insan pers agar turut berperan aktif mengawasi pemilu," kata Fatih.

"Saya juga berharap agar media massa dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dengan pemberitaan yang akurat guna mencegah tersebarnya berita hoax dalam setiap tahapan Pemilu 2024 mendatang," pungkasnya. (Rama)