Helo Indonesia

Baru Mulai, Bawaslu Tulangbawang Sudah Keserimpet Masalah Cuan

Nabila Putri - Nasional -> Politik
Senin, 9 Oktober 2023 15:21
    Bagikan  
Baru Mulai, Bawaslu Tulangbawang Sudah Keserimpet Masalah Cuan

Rachmat Lihusnu dan Desi Triyan (Foto Ist)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Pesta demokrasi baru dimulai, Bawaslu Kabupaten Tulangbawang sudah keserimpet masalah. Dua anggotanya dilaporkan mengutip uang anggota yang lolos panwascam serta penggadaian kendaraan.

Keduanya, Rachmat Lihusnu (1) dan Desi Triyana (2) dilaporkan Adhel Setiawan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) dengan Perkara No.115-PKE-DKPP/IX/2023.

Dari rilis Humas DKPP yang terpantau Helo Indonesia Lampung, Senin (9/10/2023), jadwalnya, DKPP Provinsi Lampung akan menggelar sidang di sekretariatnya pada Selasa (10/10/2023), pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Polda Lampung Silaturahmi dengan 4 Elemen Relawan Jokowi

Rachmat dan Desi diduga mengintervensi Koordinator Sekretaris Bawaslu Kabupaten Tulangbawang agar menggadaikan kendaraan dinasnya kepada H. Wandra senilai Rp15.000.000.

Mereka juga diduga mengutip sejumlah uang alias cuan kepada para peserta calon panitia pengawasan (panwaslu) kecamatan agar lulus jadi anggota panwascam.

Baca juga: Gerindra Bocorkan Warna Partai yang Akan Mendukung Prabowo

Sekretaris DKPP David Yama mengatakan agenda sidang pertama yang bersifat terbuka mendengarkan keterangan pengadu, teradu, serta saksi-saksi. Mereka sudah dipanggil sejak lima hari sebelum sidang, katanya.

DKPP juga akan menyiarkannya melalui akun Facebook DKPP @medsosdkpp. Alasan Humas DKPP agar masyarakat dan media massa dapat menyaksikan langsung jalannya sidang pemeriksaan ini. (HBM)