Soal Rumah Dinas Isinya Kuntilanak, DPRD DKI Minta Heru Budi Evaluasi Kinerja Wali Kota Jakarta Pusat

Sabtu, 20 Mei 2023 21:21
Camat dan lurah di Jakarta Pusat banyak yang enggan menempati rumah dinas padahal ada anggaran perawatannya. Foto: Irvan S

HELOINDONESIA.COM - Ini reaksi Politisi Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Gembong Warsono soal Rumah Dinas (Rudin) camat dan lurah yang tidak ditempati.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dari Komisi A ini mengatakan bahwa rudin itu sangat melekat pada jabatan camat dan lurah. 

"Jadi Rudin hukumnya wajib ditempati," ucap Gembong Warsono, Sabtu (20/5/2023).

Oleh karena itu, tambah Gembong, tidak boleh ada rudin yang tidak layak huni. Apalagi tidak ditempati. 

Baca juga: Siap-Siap, Pengurus KONI Lampung 2023-2027 Dilantik 24 Mei

"Artinya harus ada skala prioritas untuk dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," jelasnya.

Gembong menerangkan, waktu pembahasan APBD tahun 2022 yang lalu sudah menyuarakan. 

"Saya sudah suarakan anggaran rehab rudin diminta untuk dimatikan kalau rudin itu tidak ditempati," tegasnya. 

Tapi dalam pembahasan waktu itu, sambung Gembong, Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekda DKI, Sigit Wijatmoko berjanji akan membuat edaran bahwa rudin camat, lurah wajib ditempati.

Baca juga: Lilik Penderita Lumpuh Sejak 1998 Warga Mulya Agung Mesuji Butuh Uluran Tangan

Menurutnya, rudin jangan hanya dilihat sebagai onggokan bangunan tak bermakna karena pake duit rakyat dan harus dimanfaatkan secara maksimal, jangan sampai sudah direnovasi dengan anggaran APBD tapi tidak dimanfaatkan pejabat tersebut. 

"Itu pake duit rakyat loh," ujarnya.

Karena itu, sambung Gembong, masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mau jadi lurah dan camat yang siap menempati rudin. 

"Ini harus menjadi catatan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono sebagai bahan evaluasi kinerja Wali Kota Jakarta Pusat. 

"Kinerja Wali Kota yang baik itu, salah satunya mengingatkan agar ASN dibawah kendalinya mentaati aturan yang ada," tandasnya mengakhiri wawancara. 

Baca juga: Oknum ASN di Amankan Polresta Bandarlampung Penyalahgunaan Narkoba

Sebelumnya diberitakan ada sekitar 30an rumah dinas untuk camat dan lurah di wilayah Jakarta Pusat namun terbengkalai karena tak pernah digunakan.

Salah satu rumah dinas yang dipantau Heloindonesia berada  di Jalan Kalibaru Timur IV, Bungur, Senen pada Jumat (19/3/2023) terlihat kosong tanpa dihuni. 

"Sudah lama tidak dihuni alias kosong melompong rudin itu. Kalau malam sering terdengar suara aneh-aneh. Kayak suara kuntilanak," tutur Djoko salah satu warga, Jumat (19/5/2023).


Irvan S

Berita Terkini