Pembukaan Jalan Lingkungan TA 2023 Tiyuh PJU tidak ada Asas Manfaat bagi Masyarakat

Jumat, 12 Juli 2024 18:31
Kondisi jalan dan gorong-gorong di Tiyuh PJU (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Pembukaan Jalan lingkungan di Tiyuh (Desa) Panaragan Jaya Utama (PJU), Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, tidak ada asas manfaat bagi masyarakat.

Pasalnya, saat ditelusuri awak media pembukaan jalan lingkungan yang di bangun pada tahun 2023 menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tidak memiliki jembatan untuk akses masyarakat melewati jalan tersebut.

Salah satu warga masyarakat PJU yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa pembukaan jalan lingkungan ini tidak ada gunanya, karena tidak dibuat jembatan, sehingga masyarakat yang ingin melintas tidak bisa lewat sini.

Baca juga: Lapangan Tembak Sukarame Diduga Tak Ada Izin, Dispora Dukung Komersialisasi Tanpa PAD

"Pembukaan jalan lingkungan ini tidak ada manfaatnya bagi masyarakat, cuma di bangun namun tidak diberi jambatan, jadi bagaimana caranya kami bisa lewat sini," kata salah satu warga saat dikonfirmasi awak media, Jumat (12/07/2024).

Selain itu, dia menambahkan bahwa, jalan yang di bangun dengan anggaran puluhan juta itu, pernah menyebabkan salah satu warga mengalami kecelakaan saat melintasi.

Kemudian, pada anggaran Dana Desa (DD) tahun 2024, Tiyuh PJU menganggarkan untuk pembangunan Gorong-gorong di beberapa titik. Yang disinyalir Markup Anggaran. Karena saat ditelusuri di lokasi pembangunan tersebut terkesan asal-asalan.

"Pembangunan Gorong-gorong ini tidak sesuai kalau menurut saya, karena terlihat pembangunan ini asal-asalan tidak melihat kondisi jalan," kata salah satu warga yang melintas.

Menurutnya, Gorong-gorong ini tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat, karena pembangunan nya tidak sesuai dengan kondisi jalan. "Gorong-gorong ini bila tanah nya di ratakan pasti ke timbun dan bila tidak di ratakan hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas," ujarnya.

"Saya berharap kedepannya untuk pemerintah desa bila ingin membangun harus yang bermanfaat bagi masyarakat, jangan seperti ini, sudah membangun tapi tidak bisa digunakan dengan maksimal,"Imbuhnya (Rohman).

Berita Terkini