Helo Indonesia

Kawasan Crowded, Jalan Veteran Dilebarkan dengan Diikuti Penertiban Parkir

Kamis, 28 September 2023 06:50
    Bagikan  
Kawasan Crowded, Jalan Veteran Dilebarkan dengan Diikuti Penertiban Parkir

Jalan Veteran yang dikenal sebagai kawasan crowded mengalami pelebaran

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pemerintah kota Semarang melakukan pelebaran ruas jalan Veteran sebagai upaya meningkatkan kinerja dan kapasitas jalan tersebut. Pelebaran jalan dengan sistem betonisasi tersebut dilakukan pada satu sisi sebelah kiri, arah Mapolda di Jalan Pahlawan.

Pekerjaan sepanjang 100 meter ini dimulai dari simpang tiga Kyai Saleh hingga Mapolda dengan penambahan selebar 2 meter.

Baca juga: Kompolnas Minta Pengungkapan Kematian Brigpol Setyo Herlambang Tuntas untuk Hindari Spekulasi

“Penambahan kapasitas jalan diharapkan akan semakin meningkatkan kelancaran arus lalu lintas pada kawasan crowded tersebut,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Semarang Danang Kurniawan, dalam keterangannya, Rabu 27 September 2023.

Sebelumnya, pelebaran jalan didasarkan pula pada hasil kajian Lalu Lintas Harian (LHR) di dua lajur sepanjang Jalan Veteran.

Proyek pelebaran jalan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mulai tahun 2022 lalu dan ditargetkan rampung pada awal Desember mendatang. Tak hanya pelebaran, pada sisi yang sama juga dilakukan peningkatan saluran dan pembuatan pedestrian.

Pada tahun 2022, proses pembangunan telah dimulai dengan tahap pembebasan lahan warga yang terkena proyek pelebaran.

Penertiban Parkir

Memastikan kelancaran arus pada pelebaran jalan Veteran ini, ke depan pihak Dinas Perhubungan juga akan melakukan penertiban jika pada ruas jalan tersebut ditemukan parkir yang mengganggu.

“Jika diperlukan dan ditemukan adanya parkir yang mengganggu lalu lintas, akan dilakukan pelarangan, pemasangan rambu hingga pemberian sanksi bagi pengguna jalan yang melanggar,” pungkas Danang.

Tak hanya pelebaran jalan, proyek yang sama juga melakukan perbaikan grill saluran yang akan menangkap aliran air dari arah Taman Siranda. Menurut Arief, Pejabat Pembuat Komitmen DPU, grill yang terpasang telah beberapa kali mengalami kerusakan dan diperlukan penggantian grill pabrikan yang lebih awet. (Aji)