Helo Indonesia

Kompolnas Minta Pengungkapan Kematian Brigpol Setyo Herlambang Tuntas untuk Hindari Spekulasi

Kamis, 28 September 2023 05:30
    Bagikan  
Kompolnas Minta Pengungkapan Kematian Brigpol Setyo Herlambang Tuntas untuk Hindari Spekulasi

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto saat berada di Polres Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto mendatangi Polres Kendal guna bertemu dengan keluarga almarhum Brigpol Setyo Herlambang, Rabu sore, 27 September 2023.

Irjen (Purn) Benny Mamoto menyatakan, pihak Kompolnas terus mendorong agar pengungkapan kasus yang mengakibatkan almarhum Brigpol Setyo Herlambang dapat berjalan secara transparan, tuntas, dan hasilnya bisa disampaikan kepada keluarga secara detail.

"Tahap demi tahap hasilnya perlu disampaikan kepada keluarga. Kemudian ketika gelar perkara akhir, keluarga dan penasehat hukum dihadirkan. Ketika rekonstruksi terakhir, keluarga ikut menyaksikan," ujarnya.

Hal tersebut menurutnya, dilakukan untuk menghindari spekulasi yang tengah beredar di masyarakat terkait tewasnya ajudan Kapolda Kalimantan Utara di kamar di rumah dinas beberapa hari lalu.

"Sehingga, keluarga tahu persis kasusnya itu bagaimana. Itu penting sekali, supaya menghindari spekulasi yang beredar di masyarakat. Karena ada pihak berpendapat begini, ada pengamat berpendapat begini. Mereka berpendapat tanpa berangkat dari fakta lapangan," tegas mantan direktur Badan Narkotika Nasional itu.

Transparan dan Tuntas

Dirinya berharap, pengungkapan kasus meninggalnya almarhum Brigpol Setyo Herlambang bisa diselesaikan secepatnya, dengan transparan dan tuntas.

"Harapan kami kasus ini bisa terang benderang, tuntas. Sehingga kasus ini bisa disimpulkan," harapnya.

Namun demikian, sejauh ini Kompolnas belum melakukan pemanggilan kepada Kapolda Kaltara, Irjen Daniel Adityajaya. Karena tim dari Mabes Polri sudah turun ke tempat kejadian.

"Tim asistensi dari Mabes sudah turun kesana, dari Divpropram, labvor, inafis. Semua sudah ke sana," imbuh Ketua Harian Kompolnas.

Sebelumnya, rombongan keluarga almarhum Brigpol Setyo Herlambang, diantaranya Wahyu Devi Fatmasari (istri), Sutarto (ayah), Tyas Herawati (kakak), Ahmad Asrori (mertua, Dudu (kerabat) beserta Tim Penasehat Hukum tiba di Mapolres Kendal sekitar pukul 14.50 WIB.

Kedatangan rombongan tersebut untuk memenuhi undangan untuk menyaksikan proses penyampaian rekaman CCTV dan hasil autopsi kepada keluarga almarhum Brigpol Setyo Herlambang. (Anik)