Helo Indonesia

Gercep, Camat Langkapura Tangani Anak 9 Tahun Belum Sekolah

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 26 September 2023 14:14
    Bagikan  
Gercep, Camat Langkapura Tangani Anak 9 Tahun Belum Sekolah

Camat Langkapura Andi gerak cepat temui orangtua yang tak bisa menyekolahkan anaknya hingga berusia 9 tahun di rumah tetangga (Foto Hajim/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Camat Langkapura Andi gerak cepat (gercep) mendatangi rumah warga yang anaknya tidak sekolah walaupun sudah berumur sembilan tahun akibat terkendala ekonomi dan selalu "mentok" mengurus birokrasi.

Andi datang ke bedeng kontrakan yang tak ada mebeluernya keluarga Ervina (41) di Jl. Imam Bonjol, Gg. Sultan Anom, RT 05 LK 1, Kelurahan Langkapura, Kecamatan Langkapura, Kota Bandarlampung, Senin (25/9/2023), pukul 16.00 WIB.

Sang pamong datang langsung bertemu orangtua anak yang belum sekolah didampingi RT Basirun di rumah tetangga. Rumahnya sendiri berantakan tak ada tempat duduk dan lainnya.

Baca juga: Pemprov Lampung Fasilitasi Pencari Kerja Melalui Job Fair Pada Gelaran Pekan Raya Lampung Tahun 2023

Saat dikonfirmasi Helo Indonesia Lampung, Andi mengatakan,"Saya akan membantu membuatkan kartu keluarga orangtuanya agar bisa gabung, karena ibu anak ini tidak punya sama sekali identitas, KK, KTP, Ijazah, dll dan masih beralamat Jakarta.

Sedangkan bapaknya yang berprofesi buruh bernama Lanang Wibowo (32), ada tapi masih beralamat di Sukajawa Baru, Kecamatan Telukbetung Barat (TKB), Kota Bandarlampung, katanya Kepada Lampung Heloindonesia, Senin (25/9/2023)

"Karena hal inilah mereka takut untuk daftar sedangkan anak tersebut sudah sembilan tahun umurnya padahal kalau lapor lurah, camat akan dibantu untuk ke sekolahnya sambil administrasi kependudukannya diperbaiki atau dibuat baru ," terangnya.

Camat Langkapura Andi bersama Disdik Kota Bandarlampung mengusahakan anak tersebut kejar Paket A terdekat. "Insya Allah besok (Selasa, 26/9/2023) langsung terealisasi sesuai dengan harapan Wali Kota Bandarampung yang menginginkan semua anak harus sekolah,"tukasnya

Baca juga: Negeri Abai, Berkoar Melayani, Faktanya Ada Anak Tak Bisa Sekolah

Selama tiga tahunan ini, Pemkot Bandarlampung, dari Disdukcapil, kecamatan, kelurahan, hingga RT, kecolongan lagi. Ada warganya yang berusia sembilan tahun belum sekolah gara-gara administrasi kependudukannya.

Dengan suara bergetar sedih, lewat rekaman video yang diperoleh Helo Indonesia Lampung, ibunya, Ervina sampai memohon kepada Presiden Jokowi agar putri tertuanya yang sudah berusia sembilan tahun dapat sekolah.

"Bapak Presiden Jokowi tolong anak saya agar dapat bersekolah pak" ujar warga yang bersuamikan buruh tinggal di RT 05 LK 1, Perum Bilabong Jaya, Kelurahan Bilabong Jaya, Kecamatan Langkapura, Kota Bandarlampung,

Dikonfirmasi Helo Indonesia Lampung, Senin (25/9/2023), pukul 20.15 WIB, Ervina mengatakan sudah ada pihak kecamatan yang datang dan memeroses identitas kependudukannya agar anaknya bisa sekolah. (Hajim)