Helo Indonesia

Dinperkim Demak Sosialisasikan Pembangunan Rumah Susun MBR

Jumat, 22 September 2023 20:30
    Bagikan  
Dinperkim Demak Sosialisasikan Pembangunan Rumah Susun MBR

Kades Purwosari Nur Kholis dan Ketua BPD Purwosari Nasirun mewakili masyarakat Purwosari saat menyampaikan keberatan mereka tentang pembangunan rusun di lahan eks-Kantor Kecamatan Sayung. Foto : jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kabupaten Demak mengadakan sosialisasi rencana pembangunan rumah susun (rusun) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di lahan eks-Kantor Kecamatan Sayung, Jumat 22 September 2023.

Hadir pada kegiatan yang berlangsung di Aula Kecamatan Sayung itu, Plt Kepala Dinas PUTR Kabupaten Demak Rudatin Suryandari, AKP Sumarno mewakili Kapolres Demak, Kabid Aset BPKPAD Fatchul Imam SE MSi MA, dan Sekretaris Dinas LH Sudarwanto.

Baca juga: Regu Anggrek Pangkalan SD Bima Demak Ikuti Jambore Daerah Kwarda Jateng

Sosialisasi yang dipimpin langsung Plt Kepala Dinperkim Kabupaten Demak H Amir Mahmud SSos MT berlangsung dinamis. Seiring tidak setujunya warga Desa Purwosari Kecamatan Sayung terkait lokasi pembangunan rusun, yang disebutkan menjadi pusat kegiatan warga.

Amir Mahmud menyampaikan, rencana pembangunan rusun MBR menindaklanjuti audiensi warga terdampak banjir rob di Dukuh Mondoliko Desa Bedono, Kecamatan Sayung, dengan DPRD Kabupaten Demak pada 1 Februari 2021. Bahwa karena terendam rob bertahun-tahun, hidup mereka terisolasi. Tak hanya akses jalan terputus, sambungan listrik juga seringkali padam.

Audiensi tersebut direspons Bupati Demak dr Hj Eisti'anah dengan menawarkan program pembangunan baru dan relokasi bagi yang memiliki lahan sebagai bagian upaya menyediakan hunian layak. Program tersebut telah terlaksana pada 2022 dan 2023.

Baca juga: Salurkan Bantuan Atensi Rp 75 Juta, Anggota DPR RI Wisnu Wijaya Berharap KPM Makin Mandiri

"Sedangkan pembangunan rumah susun yang juga menjadi alternatif solusi hunian layak warga terdampak rob belum terlaksana, karena keterbatasan anggaran daerah. Sehingga bupati atas nama pemerintah daerah mengajukan bantuan ke pemerintah pusat melalui Kemen PUPR pada awal 2023. Alhamdulillah pada September ini mendapatkan respon positif," ujarnya.

Tidak Keberatan

Di sisi lain, meskipun pada prinsipnya warga Desa Purwosari tidak keberatan dengan pembangunan rusun, namun mereka berpandangan lain. Utamanya terkait lahan yang rencananya akan dibangun rusun.

Salah satunya seperti disampaikan Ketua BPD Purwosari Nasirun. Menurut dia, mestinya pembangunan rusun MBR tidak di lahan eks-Kantor Kecamatan Sayung. Sebab lahan seluas kurang lebih 9.255 meter persegi itu kini menjadi pusat kegiatan masyarakat.

"Tak hanya menjadi tempat bermain anak-anak dan lapangan olahraga masyarakat, namun juga menjadi arena Purwosari Festival. Yakni agenda tahunan masyarakat dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI, yang berisi bazar UMKM," ujarnya.

Baca juga: Resmi Dijual Dengan Harga Rp 656 Juta di Indonesia, Yuk Intip Spesifikasi Motor Off Road Aprilia Tuareg 660

Hal sama disampaikan Kades Purwosari Nur Kholis. Menurutnya, pembangunan rusun hanya akan menambah persoalan rob di Purwosari. "Saat ini saja rob kalau sudah datang lama pergi (surut)-nya. Apalagi ditambah adanya rusun. Belum lagi jika nanti penghuni rusunnya jorok. Purwosari yang rutin terendam rob pasti akan semakin terlihat kumuh," tukasnya.

Menanggapi hal itu, Amir Mahmud menjelaskan, pembangunan rusun oleh Kemen PUPR tentunya dengan teknik konstruksi khusus. Sehingga kekhawatiran masyarakat tentang rob yang semakin parah dan kekumuhan yang bakal timbul sebenarnya tidak perlu ada.

"Namun apapun pendapat masyarakat kami tampung, dan akan kami sampaikan ke pimpinan dalam hal ini bupati. Sebagai bahan laporan ke Kemen PUPR," pungkas Amir Mahmud.

Acara tersebut juga dihadiri Camat Sukarman SSos MM dan jajaran Forkompimcam Sayung. Serta sejumlah tokoh masyarakat Desa Purwosari Sayung yang tergabung dalam Asosiasi Masyarakat Purwosari (Asmapur). (Jati)