Helo Indonesia

Ribuan Orang Berdesakan Antri Melamar di Pabrik Sepatu Via Kantor Pos, Netizen Tagih 1 Juta Lapangan Pekerjaan

M. Haikal - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 16 September 2023 18:52
    Bagikan  
lowongan kerja,
Foto: tangkapan layar

lowongan kerja, - Ribuan pelamar kerja pabrik sepatu Nike mengantri di sebuah kantor pos di Cianjur.

HELOINDONESIA.COM -Sebuah unggahan video yang memperlihatkan antrian panjang para pencari kerja menjadi sorotan miris netizen.

Disebutkan bahwa antrian yang terdiri dari tiga baris memperlihatkan para remaja dan dewasa, baik pria dan wanita itu sedang mencari peruntungan.

Video yang diunggah akun instagram SekitarCianjur tersebut menarasikan ribuan pencari kerja mengantre memadati kantor Pos & Giro Cianjur pada Jum'at 15/9/2023 kemarin.

Mereka rela berdesakan mencari peluang agar bisa bekerja di PT Pou Yuen Indonesia atau disingkat PYI, sebuah pabrik sepatu terbesar di Cianjur, Jawa Barat.

Baca juga: Dapat Laporan Intelijen, Jokowi Akui Sudah Kantongi Informasi Seluruh Partai

Dari penelusuran pencarian di loker di internet, PT PYI merupakan salah satu anak perusahaan Pou Chen Group yang memproduksi sepatu olahraga merek Nike dan kini mereka sedang membuka lowongan pekerjaan.

Sontak, unggahan itu mendapat banyak komentar dari netizen.

Warganet menagih janji 1 juta lapangan kerja yang menjadi program pemerintah, namun kenyataan di lapangan sangat berbeda.

Ada juga yang mempertanyakan divisi lowongan pekerjaan perusahaan sehingga membuat ribuan orang terpaksa fight berpanas-panasan antri ke kantor pos, padahal dengan sistem online bisa lebih mudah.

Dengan sistem konvensional, modal untuk sekali buat surat lamaran pekerjaan saja sangat lumayan uang yang harus dikeluarkan.

Baca juga: Ustadz Dasad Latif Akan Memeriahkan Peringatan Maulid Nabi di PKOR Way Halim

Bayangkan, dengan sekali membuat surat lamaran, sekaligus antri di kantor pos, bisa jadi mereka terpaksa mengeluarkan uang lebih dari 100 ribu rupiah.

Kalau pun langsung keterima bekerja, bisa bersyukur. Kalau nggak diterima, lumayan syok juga lho harus melamar di perusahaan lain.

Tapi itulah fenomena para pencari kerja di Indonesia dari dulu hingga kini, ternyata tak banyak berubah.PT. PYI merupakan salah satu anak perusahaan Pou Chen Group yang memproduksi sepatu olahraga dan dibangun di atas tanah seluas 40 hektar berlokasi di Sukasirna, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Perusahaan yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 2015 itu kembali membuka lowongan pekerjaan di divisi produksi.

Baca juga: Bank Jateng Friendship Run Singgahi Kota Medan, Jadi Penawar Rindu Borobudur Marathon

"Dalam rangka pemenuhan kembali pegawai khususnya di divisi produksi, maka rekrutmen kembali diadakan oleh Perusahaan untuk mencari kandidat atau calon pekerja sesuai kriteria yang mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan," demikian pengumuman di salah satu portal loker.