Helo Indonesia

Buaya Muara 2 Meter Terjebak Jaring Payang di Lempasing

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 12 September 2023 17:09
    Bagikan  
Buaya Muara 2 Meter Terjebak Jaring Payang di Lempasing

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bandarlampung berhasil mengevakuasi buaya (Foto Hajim/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Buaya muara sepanjang dua meter terjebak di jaring payang nelayan Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras, Kota Bandarlampung, Selasa (11/9/2023), pukul 14.20 WIB.

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bandarlampung berhasil mengevakuasi sekitar satu jam, sekitar pukul 15.38 WIB, dengan mengerahkan satu mobil rescue dan empat personel: Tantoni Akbar, Doni Ardiansyah, Rio Jatmiko, Prayoga Gala Dinda.

Warga dan babinsa setempat yang melaporkan terperangkapnya buaya seberat 50 kilogram tersebut, kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran kota Bandarlampung Anthony Irawan kepada Helo Indonesia Lampung, Selasa (11/9/2023).

Anthony Irawan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memelihara binatang liar apabila dilindungi dan dipersilahkan melaporkan ke pihaknya jika menemukan buaya atau binatang liar lainnya. "Kami sudah berkoordinasi dengan BKSDA," katanya.

Baca juga: Dua Kader Wanita Hanura Dilantik Sisa Jabatan Rekannya di DPRD Pesawaran

Sejak Selasa (9/8/2022), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung sudah berusaha menangkap buaya di Teluk Lampung. Apakah yang tersebut yang tertangkap saat ini belum tahu.

Yang pasti, sejak tahun lalu, warga dan nelayan sudah sering melihat buaya hilir mudik di Teluk Lampung. Kamis (14/12/2022), warga sempat memvideokan kemunculan buaya di Dermaga Pantai Duta Wisata.

Pada Agustus 2022, seorang warga pesisir Kota Bandarlampung nyaris berhasil memancing buaya yang berkeliaran di TPI Lempasing. (Hajim)