Helo Indonesia

Pemilik Lahan Masa Bodoh Kebakaran Talut Ribuan Ban Traktor dan Timbunan Sampah dekat JMSI Lampung

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 10 September 2023 11:55
    Bagikan  
Pemilik Lahan Masa Bodoh Kebakaran Talut Ribuan Ban Traktor dan Timbunan Sampah dekat JMSI Lampung

Ribuan ban bekas traktor yang dijadikan talut buat menimbun lahan dengan sampah menyebabkan kebakaran akibat menyimpan bara di dalamnya (Foto HBM/Helo)

LAMPUNG. HELOINDONESIA.COM - Ribuan ban bekas traktor yang membentuk talut berisi sampah belasan tahun terbakar sudah tiga kali dalam dua bulan ini di Jl. Pangeran M.Noor, Gg. Laksana, Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Telukbetung Selatan,
Kota Bandarlampung, Minggu pagi (10/9/2023).

Sejak terbakar bulan lalu hingga kini yang ketiga kali pemilik lahan "masak bodo", walau sudah dihubungi lewat telepon dan pesan whatsapp, meski sudah contreng biru, sang pemilik lahan, Ameo nomor HP 081172xxxx, tak peduli dengan kebakaran tersebut.

undefined

Helo Indonesia Lampung bersama Lurah Budiyamin, Bhabinkamtibmas Aiptu Firmansyah, Babinsa, dan petugas pemadam kebakaran mengawasi proses pendinginan lokasi kebakaran (Foto Helo Indonesia Lampung)

Hal itu dikatakan Lurah Budiyamin, Bhabinkamtibmas Firmansyah, dan Babinsa setempat. Budiyamin bahkan sampai menunjukkan telepon genggamnya yang sudah berusaha koordinasi dengan pemilik lahan.

Baca juga: Putri Zulhas dan Darussalam Salawat Bersama Habib Syech dan Ribuan Warga Metro

Menurut dua petugas kebakaran, Pitran dan Akbar, bulan lalu, 15 Agustus, kebakaran terjadi di lokasi yang sama. "Kemarin, Sabtu (9/9/2023), pihak pemadam kebakaran sampai menurunkan dozer buat membongkar bara yang berada di bawah tumpukan sampah.

undefined

Dewan Penasehat JMSI Lampung Darussalam ikut memastikan pengendalian kebakaran terkait lokasi sekretariat JMSI Lampung ada di bawahnya (Foto Helo Indonesia Lampung)

"Kemarin, mobil pemadam kebakaran sampai 75 kali mensuplai air buat mendinginkan api," kata Budiyamin.

Hari ini, Minggu (10/9/2023), pukul : 06.20 WIB, bara api yang berada dalam tumpukan ribuan ban traktor yang jadi talut dan tumpukan sampah bertahun untuk meratakan lahan dengan viuw Teluk Lampung itu kembali terbakar hingga merembet pohon dan semak-semak perbukitan.

Baca juga: Ratusan Atlet Balap Sepeda Lokal dan Internasional Banjiri Bandarlampung

Lurah, aparat kepolisian dan TNI setempat memperkirakann kebakaran ini sulit dikuasai 100 persen karena baranya menjalar di dalam tumpukan ban trantor dan sampah ribuan ton yang tak terjangkau air pemadam kebakaran.

"Sepertinya, ban dan tumpukan sampah harus dibongkar agar tuntas," ujarnya Budiyamin kepada Helo Indonesia Lampung di lokasi kebakaran. Di Sumur Putri ini, rawan kebakaran karena banyak lahan-lahan kosong yang dibiarkan jadi semak-semak, katanya. (HBM/Hajim)