Helo Indonesia

Putri Zulhas dan Darussalam Salawat Bersama Habib Syech dan Ribuan Warga Metro

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 10 September 2023 08:26
    Bagikan  
Putri Zulhas dan Darussalam Salawat Bersama Habib Syech dan Ribuan Warga Metro

Putri Zulhas dan Darussalam salawat bersama Habib Syech dan belasan ribu warga di Kota Metro (Foto.Helo)

LAMPUNG. HELOINDONESIA.COM - Massa membludak bersalawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dan Putri Zulkifli Hasan. Darussalam ikut mengawal dan bersalawat (sholawat) dengan belasan ribu warga di Kota Metro, Sabtu malam (9/9/2023).

Para jemaah yang berasal dari berbagai kabupaten juga ikut bersalawat. Mereka ada yang datang dua hari sebelum acara. "Luar biasa antusiasnya masyarakat bersalawat bersama Habib Syech dan Putri," kata Darussalam, tokoh Batanghari Sembilan.

Dikatakan juga oleh Darussalam, bacaleg Dapil I DPR RI dari PAN itu, acara yang diselenggarakan Putri Zulhas dalam rangka doa HUT PAN yang berharap rakyat Indonesia tetap nyaman dan aman jelang Pemilu 2023, pesta demokrasi.

Salawat di Kota Metro dihadiri pula Ketua MUI Kota Metro dan Ketua DPW PAN Lampung Irham Djafar Lan Putra. "Semoga salawat bersama ini barokah bagi kita semua, " ujar Putri Sulhas. 

Jumat malam (8/9/2023), Darussalam juga menghadiri acara serupa di Lapangan Saburai, Kota Bandarlampung. Pesertanya luber ke jalan untuk salawat (sholawat) bersama Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana dan Habib Syech.

Baca juga: Riana Sari Arinal Buka Raker I Ikatan Keluarga Alumni SMAN 1 Bandarlampung

Dengan tajuk "Lampung Bersholawat", Wali Kota Eva Dwiana memanjatkan doa agar Lampung senantiasa berkah, aman, serta dijauhkan dari musibah apabila sering terjadi kebakaran dan kekeringan saat ini. Saat berita ini ditulis, acara baru mulai.

Pantauan Helo Indonesia Lampung, hadir Ketua Pengurus Wilayah NU Lampujg KH Puji Raharjo bersama Ketua Pengurus Cabang NU Kota BL Ikhwan Adji Wibowo dan jajarannya, para ketua PCNU kabupaten/kota, Forkompinda Provinsi Lampung dan Kota Bandarlampung.

Banser dan aparat kepolisian ketat mengamankan salawat massal yang dipimpin Habib Syech bin Abdul Qodir as-Segaf atau sering disapa Habib Syech. Habib Syech merupakan putra ulama Habib Abdul Qodir bin Abdurrahman as-Segaf.

Habib Syekh dilahirkan di kota Solo, Jawa Tengah pada tanggal 20 September 1961 M. dia adalah anak dari 16 bersaudara, ayahnya bernama Abdul Qadir Assegaf , yang merupakan seorang imam masjid Assegaf di Solo dan ayah memberi nama kepadanya “Syekh”.

Ayahnya adalah seorang imam masjid Assegaf di Solo. Habib Syekh bermadzhabkan Syafi’i, beraqidahkan Asy’ari, dan mengikuti sufi dari Al Imam Ghazali.

Baca juga: Istri Kapolri Baksos ke Kampung Nelayan, Posyandu, Bedah Rumah, Dll

 Riwayat Keluarga

Anak-anak beliau di antaranya: Habib Muhammad Bagir bin Syech Assegaf, Habib Umar bin Syech Assegaf, Sayyid Abu Bakar bin Syech Assegaf, dan Sayyid Toha bin Syech Assegaf. Istri beliau bernama Sayyidah binti Hasan Alhabsyi.

Habib Syekh mendapatkan pendidikan dari ayahnya semenjak dia kecil hingga ayahnya meninggal di saat Habib Syekh berusia 20 tahun. Setelah ayahnya meninggal, Habib Syekh berguru kepada beberapa guru yang diantara gurunya adalah pamannya sendiri yakni Habib Ahmad bin Abdurrahman Assegaf.

Dia juga berguru kepada seorang ulama besar di Solo yakni Habib Anis bin Alwy Al Habsyi yang merupakan pengarang kitab mawlid Simthud Duror.

Dari pendidikan yang diperoleh dari sang ayah, pamannya, serta Habib Anis Al-Habsyi, ia memberanikan diri untuk mensyiarkan shalawat yang dimulainya dari kota Solo.

Baca juga: Ratusan Atlet Balap Sepeda Lokal dan Internasional Banjiri Bandarlampung

Hingga sampai saat ini syair shalawatnya begitu berkembang pesat. Dari syi’ar inilah Habib Syekh dikenal secara luas oleh masyarakat, hal ini dikarenakan dia begitu piawai membawakan nada-nada shalawat klasik. Suaranya yang berat, berwibawa serta khas akan menyihir dan menghipnotis ribuan jamaah yang mendengar lantunan shalawatnya.

Habib Syekh mengamalkan berbagai ilmu yang telah didapat. Dia selalu mengajak masyarakat agar cinta Rasulullah SAW hal tersebut dilakukan mulai dari Kota Solo. Habib Syekh menjalankan dakwah dengan penuh kesabaran dan ketekunan.

Secara tidak sadar, banyak masyarakat yang mulai mengikuti majelisnya, mulai dari anak-anak, remaja, hingga kakek-nenek. Saat ini, majelisnya diikuti ribuan jamaah. Mereka mengikuti majelis tersebut untuk mengetahui pentingnya cinta kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. (HBM)